Filosofi Motif Batik Di Yogyakarta

0 98

Filosofi Motif Batik Di Yogyakarta

Bagi orang yang tidak terlalu memperhatikan batik, kain tradisional ini hanya sebatas karya lukis di atas kain. Tidak terlihat makna dibalik sebuah kain dengan lukisan di atasnya. Namun bagi mereka yang sangat menyukai bahkan mengoleksi batik, kain tradisional ini tidak hanya sebuah karya lukis biasa. Terdapat makna mendalam yang menjadi filosofi pembuatnya. Seperti halnya 4 jenis motif batik di bawah ini, yang memiliki makna mendalam dan membuat batik tidak mudah dilupakan.

Batik Yogyakarta

Ciri khas yang seringkali digunakan para kolektor untuk mengenali batik buatan Yogyakarta adalah motifnya. Daerah Istimewa Yogyakarta yang sangat memegang tradisi keraton menghasilkan motif batik lebih pakem dan tidak sembarangan. Biasanya kain batik Yogyakarta menggunakan warna dasar putih yang bergambar beragam jenis motif di atasnya. Salah satu filosofi yang terkandung di dalam motifnya adalah doa sekaligus harapan bagi Anda yang memakainya.

Filosofi doa dan harapan ini terkandung pada jenis motif ceplok hingga grompol. Sementara untuk batik dengan motif geometris yang berdasarkan pola bunga mawar hingga bintang, memiliki filosofi harapan yang baik, terutama untuk pengantin yan memakainya. Beberapa batik Yogyakarta menggunakan motif yang melambangkan filosofi wibawa, kekuasaan hingga kebesaran si pemakai. Filosofi ini terdapat di dalam motif parang, keris dan juga pedang.

Source https://batikjambi.com https://batikjambi.com/filosofi-dibalik-4-motif-batik-nusantara.html
Comments
Loading...