Filosofi Motif Batik Di Cirebon

0 58

Filosofi Motif Batik Di Cirebon

Bagi orang yang tidak terlalu memperhatikan batik, kain tradisional ini hanya sebatas karya lukis di atas kain. Tidak terlihat makna dibalik sebuah kain dengan lukisan di atasnya. Namun bagi mereka yang sangat menyukai bahkan mengoleksi batik, kain tradisional ini tidak hanya sebuah karya lukis biasa. Terdapat makna mendalam yang menjadi filosofi pembuatnya. Seperti halnya 4 jenis motif batik di bawah ini, yang memiliki makna mendalam dan membuat batik tidak mudah dilupakan.

Batik Cirebon

Filosofi dari motif batik Cirebon tidak lepas dari sejarahnya. Menurut cerita yang beredar dikalangan pengrajin batik dan masyarakat, batik Cirebon pertama kali sampai di Cirebon dibawa oleh Ki Gede Trusmi. Hingga menjadi besar dan berkembang seperti sekarang, sentra pembuatan batik Cirebon berada di Desa Trusmi. Desa ini dulunya dianggap sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang memberikan pengabdiannya kepada kesultanan.

Ciri khas motif batik Cirebon adalah Megamendung, dengan gambar mirip awan yang sangat khas. Selain awan, batik Cirebon juga menggunakan motif satwa. Salah satu jenis batik yang menggunakan moif satwa adalah Kencana Paksinaga Liman dengan filosofi sebagai simbol dari kekuatan kesultanan. Terdiri dari beberapa unsur seperti garuda, ular dan gajah. Motif batik Singa Barong dan Singa Payung sangat mewakili gambaran kehidupan kesultanan zaman dulu.

Source https://batikjambi.com https://batikjambi.com/rumah-batik-azmiah-pusat-batik-jambi.html
Comments
Loading...