Filosofi Kopi dalam Selembar Batik Gemawang

0 78

Filosofi Kopi dalam Selembar Batik Gemawang

Batik Gemawang adalah batik yang dihasilkan oleh komunitas perajin batik yang bernaung di bawah panji Nyi Ageng Pandanaran di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Salah satu ciri khas batik Gemawang adalah pola kopi, selembar batik yang mengangkat potensi lokal daerah setempat.

Batik Gemawang motif daun kopi

Perajin batik Gemawang tidak melupakan peran daun kopi. Meski bukan hasil utama daun kopi, jasa daun kopi diingatnya dan menjadi motif batik yang segar. Pengingat daun kopi yang berbagi nutrisi gizi dalam kehidupan.

Batik Gemawang motif kembang kopi

Perajin batik Gemawang mendokumentasikan kembang kopi menjadi salah satu varian motif batik kopi. Setiap penikmat batik Gemawang motif kembang kopi diingatkan bahwa masa mekar tidaklah lama, membagikan keharuman wangi kembang kopi adalah dharma tanaman kopi dan saat kembang kopi gugur saatnya meninggalkan bakal buah. Setiap kita bebas menafsir analoginya dalam kehidupan.

Batik Gemawang motif biji kopi

Perajin batik Gemawang melukiskan filosofi biji kopi ini dalam salah satu motif batik yang dikerjakan. Sambil menorehkan cantingnya pembatik melukiskan harapannya akan penghargaan penikmat batik atas kerja keras dan proses panjang menghasilkan selembar batik tulis. Lantunan doa yang sama kiranya keharuman kopi menguar dari pribadi pemakainya. Kearifan lokal pengungkit wisata dalam selembar batik.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/nprih/596a14db42bc3a06d349c492/filosofi-kopi-dalam-selembar-batik-gemawang
Comments
Loading...