Filosofi Kehidupan Masyarakat Luwu Dibalik Dari Batik Rongkong

0 27

Batik rongkong yang khas berasal dari kabupaten luwu Utara yang tepatnya di Sulawesi Selatan telah menjadi pusat oleh oleh dan incaran untuk para wisatawan lokal hingga mancanegara. Karena dengan khas motif yang unik yang telah menjadi salah satu faktor batik rongkong khas Luwu utara dilirik oleh para wisatawan.

Tidak hanya batik asal Jawa, Batik Rongkong tersebut juga memiliki makna atau filosofi tersendiri tentang kehidupan yang telah terjadi di Masyarakat Kabupaten Luwu Utara yang sebenarnya.

Dari Motif Batik rongkong yang memang benar benar khas dari Kab Lutra ini telah terinspirasi dari filosofi kehidupan warga dari kabupaten tersebut yang telah memegang teguh adat kearifan lokalnya yaitu yang bernama “sekong sirenden sipomandi” sehingga dituangkan kedalam sebuah canting dalam bentung tulisan lontrak yang khas dari Tana Luwu dan menjadi sebuah motif khas batik rongkok kab Luwu Utara.

Dari Motif Batik Rongkong tersebut telah memiliki makna yang mendalam untuk memegang teguh sifat saling menjaga kebersamaan dan memupuk saling bergandeng tangan didalam mengarungi sebuah bahtera kehidupan ini.

Dengan harapan yang nantinya batik rongkong akan bisa bersaing dengan batik khas daerah yang lain yang sudah lebih dikenal masyarakat yang ada di Indonesia sehingga sangat perlu perhatian khusus untuk pelestarian dari batik rongkong tersebut agar tidak dicap dan di akusisi oleh negara lain.

Source https://tabinaco.nethttps://tabinaco.net https://tabinaco.net/filosofi-kehidupan-masyarakat-luwu-dibalik-dari-batik-rongkong
Comments
Loading...