Filosofi Batik Pamilunto yang Asli Gresik

0 176

Filosofi Batik Pamilunto yang Asli Gresik

Sebagian masyarakat Kota Gresik belum tahu tentang batik khas terbaru yang hak patennya resmi dimiliki Pemerintahan Kota Gresik. Dari data dihimpun, sejarah dari terciptanya batik Pamiluto Ceplokan itu sendiri ketika Bupati Gresik mencentuskan lomba desain batik di Pendopo Bupati oleh Dekranasda Gresik beberapa hari lalu. Pada lomba diikuti 1250 peserta terdiri dari pelajar, pihaknya membidik desian batik khas Gresik yang original.

Hal itu ditanggapi oleh pihak Dekranasda dengan mengkursus 32 peserta terbaik pada lomba tersebut ke Jogjakarta. Dari peserta itu diharapkan ilmu membuat batik yang mereka dapatkan dapat ditularkan ke warga disekitarnya, agar dapat meneruskan warisan budaya asli Indonesia ini. “Saat ini ada 270 orang pembatik handal yang dikoordinir oleh Dekranasda Gresik. Para pembatik tersebut yang saat ini memproduksi batik pamiluto ceplokan,” tutur Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindustrian dan Perdagangan Gresik. Agus menerangkan filosofi dari penamaan Batik Pamiluto Ceplokan itu berasal dari kata ‘pulut’ yang berarti perekat. Batik ini adalah gabungan berbagai aspek perdagangan, Industri, sejarah, ekonomi, dan budaya.

Pada batik ini ada gambar ikan, pabrik, gapura makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim, bandeng, kepiting, kapal rakyat, pudak, dan rusa bawean. Beberapa gambar tersebut digabung dengan berbagai Motif Ornamen Sisik, Kawung, Truntum, Semen, Grompol Danatirta, Selingcecek Pitu, dan Parang Barja.

Source http://surabaya.tribunnews.com/ http://surabaya.tribunnews.com/2017/02/24/ini-filosofi-batik-pamilunto-yang-asli-gresik http://surabaya.tribunnews.com/tag/gresik
Comments
Loading...