Filosofi Batik Dilihat Dari Motif

0 209

Filosofi Batik Dilihat Dari Motif

Batik Indonesia memiliki nilai seni sangat tinggi dan memiliki keanekaragaman pada motif, pola, jenis, motif dan makna yang bercerita dari motif batik itu sendiri. Batik bukan saja merupakan artistik dari keragamannya, tetapi juga merupakan identitas dan karakter budaya yang membentuknya. Ragam hias adalah susunan titik dan garis yang membentuk satu kesatuan bentuk. Pengertian serupa disampaikan dalam artikel yang dimuat oleh Tim Redaksi Wikipedia (2005: tanpa halaman) menyebutkan bahwa ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni.

Batik Kendal memiliki keanekaragaman hias motif yang diciptakan oleh para pengrajin. Adapun macam-macam ragam hias motif batik menurut artikel tersebut, antara lain: Ragam hias flora, yaitu bentuk gambar motif yang diambil dari tumbuhan tertentu, Ragam hias fauna, yaitu bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu, Ragam hias geometris, yaitu motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya.

Ada yang menyampaikan pendapat lain bahwa macam-macam motif ragam hias antara lain: Ragam Hias Flora, Ragam Hias Fauna, Ragam hias geometris, Ragam hias benda atau alam.

Source http://lib.unnes.ac.id/28185/1/5401410127.pdf
Comments
Loading...