Fatma Saifullah Yusuf Ajak Masyarakat Lestarikan Batik

0 9

Fatma Saifullah Yusuf Ajak Masyarakat Lestarikan Batik

Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jatim, Fatma Saifullah Yusuf, membuka Pameran 3rd Batik, Fashion Fair Tahun 2018 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Rabu (5/12/2018).

Dalam kesempatan itu, Fatma, sapaan akrab Fatma Saifullah Yusuf, mengajak seluruh masyarakat untuk terus melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa.

Apalagi sejak 2 Oktober 2009, UNESCO mengakui batik sebagai warisan kemanusiaan, untuk budaya lisan dan non bendawi (masterpieces of oral and the intangible heritage of humanity) yang kemudian setiap tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

“Pengakuan UNESO tersebut tentunya membawa konsekuensi logis bahwa kita semua wajib menjaga warisan budaya bangsa ini agar tetap lestari dan bermanfaat secara ekonomi guna mensejahterakan masyarakat,” kata Fatma.

Upaya pelestarian ini, lanjut Fatma, harus dilaksanakan secara berkelanjutan (sustainable) dan menyeluruh dari hulu hingga hilir.

Fatma juga mengatakan saat ini di Jatim telah banyak generasi muda yang menjadi perajin batik.

Untuk itu mereka perlu diberikan pencerahan tentang filosofi batik, sejarah batik nusantara dan informasi lainnya tentang batik, agar karya-karya yang dihasilkan tidak lepas dari akar budaya.

“Hal ini penting dalam menjaga batik sebagai warisan budaya tak benda dunia. Apalagi dalam era modern saat ini sulit dalam menghadapi tantangan membanjirnya produk batik “sintetis” yang semakin besar dan mengkhawatirkan,” kata istri Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.

Menurut Fatma, walaupun situasi ekonomi saat ini sangat dinamis dan tidak menentu, ekonomi Jatim pada Triwulan III Tahun 2018 tumbuh sebesar 5,40%.

Source http://jatim.tribunnews.com http://jatim.tribunnews.com/2018/12/05/fatma-saifullah-yusuf-ajak-masyarakat-lestarikan-batik-menjaga-warisan-budaya-tak-benda-dunia
Comments
Loading...