Faramita Dewi, Inovasi Batik Robotik dan Motif Sepatu Kets

0 15

Faramita Dewi, Inovasi Batik Robotik dan Motif Sepatu Kets

Batik biasanya hanya dipakai pada hajatan keluarga, acara formal, atau ngantor setiap Jumat. Kesan jadul dan kurang luwes untuk dipakai bergaul itu rupanya membuat Faramita Dewi gerah. Faramita Dewi berpikir untuk mengemas batik menjadi lebih kekinian. Maka, terciptalah batik bermotif robot hingga sepatu kets Converse yang mendunia itu. 

Rahim ide Mita, sapaan akrab Faramita, melahirkan lini busana Amaragita pada 2010. Wanita kelahiran 23 Februari ini hanya mengandalkan kemampuan di bidang desain grafis. Amaragita diambil dari Bahasa Sanskerta.

“Amara” artinya bidadari,  “gita” berarti cantik. Diharapkan, busana yang diproduksi Faramita memberikan nilai tambah untuk siapa pun yang mengenakan. Butik pertama Amaragita didirikan di Bali. 

Faramita Dewi bercita-cita memperkenalkan batik kepada wisatawan mancanegara yang singgah di Pulau Dewata. Demi mewujudkan mimpi itu, Mita berani memainkan pensil di atas kain. Ia membuat motif floral yang dipadukan dengan motif Kawung. 

Kawung, kemudian menjadi ciri khas Amaragita. Mita lalu berpikir jangan-jangan, motif dan pakem inilah yang membuat batik terasa kaku. Turis dari luar negeri senang mengoleksi batik sementara generasi muda kita malah menjaga jarak terhadap batik.

Membuat batik dan anak muda kian tak berjarak, Mita mencetuskan ide gila membuat motif-motif kekinian di luar motif warisan leluhur yang telah ada. Yakni, motif sepatu kets, terinspirasi dari Converse. 

“Saya menggurat motif sepatu kets tampak atas. Atau tampak samping yang kemudian saya padukan dengan Kawung. Lalu saya membuat motif robot yang terinspirasi dari film Wall-E, robot R2D2 dari Star Wars, dan beberapa robot ikonis dari film-film Hollywood. Meski motif batiknya robot, tetap ada kawungnya. Misalnya, kawung itu saya jadikan mata robot,” jelas Mita.

Source https://aura.tabloidbintang.com/ https://aura.tabloidbintang.com/hobi/read/49713/faramita-dewi-inovasi-batik-robotik-dan-motif-sepatu-kets
Comments
Loading...