Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motif Batik Batang

0 231

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motif Batik Batang

Kemajuan ilmu dan teknologi tidak lepas dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap suatu perkembangan. Motif batik seperti keberadaan seni batik di Kabupaten Batang dalam perkembangannya tidak lepas dari faktor yang dapat menunjang dan menghambatnya. Adanya beberapa faktor penunjang dan penghambat perkembangan motif batik di daerah Batang, yaitu;

a. Faktor penunjang adalah faktor yang menunjang perkembangan Motif Batik Batang dan  dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Faktor penunjang dari dalam, meliputi beberapa hal antara lain, motif batik khas Batang yang telah memiliki konsumen ataupun pasar tersendiri, disamping itu letak daerah Batang yang strategis sehingga memudahkan akses baik dari dalam maupun dari luar daerah Batang. Selanjutnya adalah keinginan dari masyarakat untuk mempertahankan motif batik khas Batang yang menjadi identitas daerah dan yang tidak kalah penting adalah peran serta pemerintah daerah dalam mendukung pelestarian seni batik Batang, hal ini bisa dilihat dari banyaknya jimlah pasar seni batik dan dijadikannya pasar seni batik dan kegiatan membatik sebagai salah satu bagian dari paket wisata daerah Batang.
  2. Faktor penunjang dari luar berupa banyaknya motif daerah lain yang kemudian dijadikan referensi oleh para pengrajin dan desainer batik, kecenderungan para kolektor batik yang sering memesan batik dengan desain yang telah mereka buat sendiri. Adanya persaingan persaingan pasar yang semakin pesat menuntut pengrajin untuk lebih kreatif dalam hal mendesain motif batik dan terakhir adalah kemajuan teknologi yang lebih memudahkan para pengrajin dalam proses mendesain motif batik.

b. Faktor penghambat perkembangan Motif Batik Batang yang dapat dibagi menjadi dua yaitu;

  1. Faktor penghambat dari dalam antara lain kurangnya tenaga terampil terutama tenaga muda untuk meneryuskan profesi sebagai desainer dan pengrajin batik, banyaknya tenaga ahli yang beralih profesi karena faktor ekonomi dan tenaga tua yang sudah tidak produktif lagi untuk berkarya, kecenderungan para pengrajin batik memproduksi batik dengan kualitas yang kurang bagus hanya karena mengjar target penjualan dan untuk meminimalkan biaya produksi.
  2. Faktor penghambat dari luar adalah banyaknya penjual batik dari daerah lain yang memesan batik dengan motif dari daerah asal mereka, kurang dikenalnya motif batik asli daerah Batang oleh masyarakat luas dan persaingan pasar yang semakin pesat dan bebas sehingga memudahkan batik dari daerah lain memasuki pasar seni batik dari daerah Batang.
Source Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motif Batik Batang Batik
Comments
Loading...