Faktor Penyebab Batik Sidoarjo Tidak Setenar Dulu

0 131

Faktor Penyebab Batik Sidoarjo Tidak Setenar Dulu

Sekarang ini jumlah perajin batik semakin menurun, banyak yang beralih profesi ataupun menutup usahanya, hal ini disebabkan karena semakin langkanya generasi muda yang terjun untuk meneruskan warisan budaya membatik sebagai suatu usaha yang dapat menjamin kehidupan.

Banyak faktor yang mengakibatkan Batik Sidoarjo tidak setenar seperti dahulu kala. Berikut faktor pnyebabnya :

Jumlah Penduduk Indonesia di Dominasi Anak Muda .

Penyebab pertama inilah yang menyebabkan jumlah produksi dan penjualan batik kian menurun. Banyak anak muda yang sudah tidak pede lagi membuat batik. Pembeli dari golongan anak muda pun juga jarang karena mereka minder jika mengenakan batik di acara formal maupun non formal.

Strategi Pemasaran yang Monotone

Para pembuat batik di sana rata-rata kurang lancar dalam bidang teknologi. Untuk cara pemasaran sendiri pengrajin hanya mengandalkan cara kuno yaitu dengan cara sebar kabar (dari mulut ke mulut). Tentu cara ini sudah tidak efektif lagi.

Corak dan Motif Batik yang Sudah Tidak Menarik Lagi .

Para pengrajin batik saat ini tetap mempertahankan motif dan corak batik yang di turunkan dari nenek moyang. Padahal untuk meningkatkan eksistensi batik, diperlukan inovasi baru terhadap motif dan corak pada batik untuk menggait generasi muda untuk lebih mencintai batik.

Perhatian dari Pemerintah

Kawasan Kampung Batik Jetis pada jaman dulu memang mungkin adalah kawasan yang top markotop. Tapi tidak untuk sekarang. Untuk anda yang menaiki kendaraan mobil pribadi, tentu sangat susah mencari tempat parkir di daerah tersebut. Perlu adanya campur tangan dari pemerintah untuk terus melestarikan kawasan ini seperti dahulu kala.

Source Faktor Penyebab Batik Sidoarjo Tidak Setenar Dulu Batik
Comments
Loading...