Faktor Dari Luar Yang Mempengaruhi Perkembangan Batik Mega Mendung

0 59

Faktor Dari Luar Yang Mempengaruhi Perkembangan Batik Mega Mendung

Perkembangan desain pada motif batik yang terjadi pada umumnya berdasarkan penulusuran pasar yaitu trend pasar yang sedang berkembang atau diminati dan lebih khusus lagi perkembangan desain yang dilakukan atas desain pesanan konsumen yang biasanya telah memiliki desain sendiri. Pada dasarnya perkembangan desain di kawasan sentra batik Trusmi lebih banyak dipengaruhi oleh konsumen dan bertujuan untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin beraneka ragam, agar konsumen memperoleh variasi produk baik dari segi motif maupun warnanya. Maka perkembangan desain sangat diperlukan agar menghasilkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar atau menurut selera konsumen.

Produk Mega Mendung yang dihasilkan di Trusmi kini mengalami perkembangan dan perubahan yang mengarah kepada pengembangan desain, yang meliputi perkembangan motif. Cara yang dilakukan dalam perkembangan desain di kawasan sentra Batik Trusmi ini diantarnya dengan berbagai macam strategi seperti aktif mengikuti pameran, aktif mengikuti perkembangan pasar, dan sebagainya. Perkembangan desain yang ada di sentra batik Trusmi ini timbul dengan melihat trend yang sedang berkembang di pasar dan selera konsumen. Dengan adanya perkembangan desain tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan dapat melestarikan Batik Mega Mendung. Motif ini dahulu hanya digunakan oleh kalangan keraton dan kerajaan saja, namun seiring dengan perkembangannya Motif Mega Mendung ini digunakan oleh berbagai kalangan.

Gambar motifnya juga kini lebih bebas, melambangkan kehidupan masyarakat pesisir yang egaliter, seperti gambar flora dan fauna yang memikat. Pengaruh ini diakibatkan dengan letak geografis Cirebon yang ada di kawasan pantai utara, sehingga Motif Mega Mendung asal Cirebon ini disebut Motif Pesisiran. Selain itu, secara lebih spesifik pengaruh kebudayaan Cina pada Motif Mega Mendung sangat terlihat, bangsa Cina memberikan warna la in terhadap Motif Mega Mendung . Motif-motif pada keramik yang dibawa dari negeri Cina ini akhirnya mempengaruhi motif Mega Mendung, perpaduan antara kebudayaan Cirebon dan Cina terlihat pada Mega Mendung klasik. Namun Mega Mendung juga memiliki pengaruh dari masyarakat Pesisir, jadi dalam Mega Mendung menyatukan perpaduan kebudayaan antara Cirebon dan Cina.

Mega Mendung ini merupakan motif awan-awanan, namun pada Motif Mega Mendung kini tidak sekedar bentuk awan-awanan saja. Mega Mendung kini memiliki bentuk ragam hias yang dikombinasikan dengan memadukan unsur fauna dan bentuk-bentuk flora yang beraneka macam. Mega Mendung lebih cenderung menerima pengaruh budaya dari luar yang dibawa oleh pendatang, pengaruh Oriental dari saudagar asal Cina pada Mega Mendung ini yang terlihat dari penggunaan motif baru serta kombinasi warna yang cenderung lebih cerah.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...