Faktor Dari Dalam Yang Mempengaruhi Perkembangan Batik Mega Mendung

0 59

Faktor Dari Dalam Yang Mempengaruhi Perkembangan Batik Mega Mendung

Perkembangan batik di Desa Trusmi mengandung arti terhadap perkembangan dasar-dasar desain motif mengenai bentuk penciptaan dengan menambah, memperkaya, menyederhanakan atau mengurangi tanpa meninggalkan secara keseluruhan nilai-nilai dasar yang ada pada sebelumnya. Perajin di Desa Trusmi dalam membuat karya menggunakan teknik atau keterampilan yang telah diperolehnya sejak kecil atau secara turun temurun. Dalam mengembangkan desainnya terdapat beberapa ketentuan yang harus dimiliki.

Biasanya dalam menciptakan suatu desain dalam batik harus memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan. Seorang desainer dituntut untuk terus mencari, mengolah, dan mengembangkan kreatifitasnya untuk menghasilkan desain-desain yang baru dan inofatif. Dengan demikian seorang desainer batik harus memiliki wawasan yang luas dan mengetahui perkembangan yang terjadi di sekelilingnya sehingga dalam menciptakan suatu desain mempunyai acuan bagi konsep-konsep desain yang akan diciptakannya.

Perkembangan desain pada Motif Mega Mendung tentunya tidak terlepas dari kreatifitas seorang desainer. Desain memang menjadi kunci dari bertahannya motif Mega Mendung. Ornamen dari Mega Mendung memang masih mempertahankan ciri khasnya. Perkembangan desain pada Mega Mendung biasanya hanya pada penambahan dan padu padan ornamen di kain batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...