Fakta Keunikan Batik Nusantara

0 739

Fakta Keunikan Batik Nusantara

Batik merupakan warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang masih terjaga hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu, keunikan batik tidak hanya di aplikasikan pada kain mori saja. Kini produksi batik semakin kreatif, bisa menemukan batik di tas, sepatu, kaos, sweater, dress, hem, dan lain sebagainya yang bisa ditemukan saat berwisata belanja. Berikut fakta-fakta keunikan batik sebagai berikut :

  1. Misteri kata batik

Sebenarnya kata batik berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Jawa yaitu amba, yang bermakna menulis dan nitik yang bermakna titik. Dalam bahasa Inggris Batik dikenal sebagai Hand Dyeing atau pewarnaan dengan tangan.

       2. Sebagai Warisan Budaya Dunia

Pada tanggal 02 Oktober 2009 UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Penetapan oleh UNESCO mengenai keunikan Batik ini juga meliputi keseluruhan teknik membatik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya terkait.

      3. Digunakan oleh Artis Hollywood dan Tokoh Dunia

Bill Gates, Jessica Alba, dan Adam Clayton (bassist U2) saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat. Jessica mengenakan batik saat menghadiri red carpet  Fourth Annual Fashion Forward Luncheon. Motif batik yang digunakan adalah motif Parang Rusak yang dipakai khas Yogjakarta. Nelson Mandela juga menggunakan batik ketika berkunjung ke Indonesia dan ketika mengunjungi Ratu Elisabeth II di Istana Buckingham.

      4. Diperkenalkan oleh Presiden Soeharto

Batik diperkenalkan kepada dunia dan dipopulerkan pertama kali oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

      5. Terdapat Festival Batik di Tiap Daerah di Indonesia

Mulai Festival Batik Nusantara, Solo Batik Carnival, Solo Batik Fashion, Festival Batik Pekalongan, Festival Batik Semarang, Festival Batik Jawa Timur, Festival Batik Jawa Barat, Festival Batik Kontemporer, Festival Batik Nasional, Pekan Batik Nasional, Pekan Batik Internasional, dan Indonesia World Batik Summit.

Source Fakta Keunikan Batik Nusantara Batik
Comments
Loading...