infobatik.id

Evolution Of Batik

0 35

Evolution Of Batik

Goresan canting pada kain putih dapat menghasilkan karya yang sangat tinggi, yang lebih dikenal sebagai batik tulis. Dalam perjalanan panjangnya, batik mengalami evolusi yang dinamis dan mengesankan. Tentunya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi produsen maupun para pelaku fashion. Seiring berjalannya waktu, batik semakin banyak diproduksi dan diminati hingga ke berbagai pelosok negara.

Tak salah, apabila desainer yang sudah berpengalaman selama lebih dari 32 tahun dengan bahan batik ini, menggelar acara “Evolution of Batik” bertempat di Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta. Nuansa evolusi pada rancangannya kali ini semakin menonjol dengan pemilihan batik Betawi, batik Madura dan Batik Papua. Beragam busana yang dihadirkan, begitu mempesona dan mengesankan. Baik dalam potongan klasik maupun glamour, hingga sentuhan kasual yang menonjolkan batik sebagai busana yang semakin chic dan trendy.

Corak dan warna batik sendiri, terus berevolusi sesuai dengan perkembangan jaman. Mulanya, motif dan corak batik hanya terbatas pada gambar binatang dan tanaman. Namun kini, seiring dengan penyebaran batik yang kian meluas, baik corak maupun warna, batik terus berkembang menyesuaikan karakter dan filosofi budaya setempat. Keindahan batik yang identik dengan pakaian ternyata terlihat eksotik jika diaplikasikan pada alas kaki, seperti sandal dan sepatu. Perpaduan motif tradisional dengan teknik tambal hingga menjadi batik kontemporer yang unik ini ternyata banyak juga peminatnya. Seperti aplikasi batik pada alas kaki yang telah diprodiksi Hasan Batik Bandung sejak 2006 silam.

Proses pembuatannya yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama membuat harganya relatif tidak murah,  sekitar Rp. 250 ribu hingga Rp. 500 ribu rupiah. Fitriani Lestari mengungkapkan untuk menyelesaikan kain batik ukuran satu meter persegi saja ia membutuhkan waktu sekitar satu bulan, belum lagi proses pembuatan alas kakinya. Sehingga wajar jika nilai jualnya tinggi dan dinikmati oleh kalangan tertentu yang kebanyakan remaja. Alas kaki berbagai macam model ini dibuat untuk dipakai pria dan wanita dengan variasi yang menarik dan corak warna yang menonjol sebagai ciri khas batik kontemporer. Selain alas kaki, Hasan Batik Bandung yang turut sebagai salah satu peserta pameran Evolution of Batik, di Jakarta memproduksi tas dan yang lainnya. Serta produk utamanya ialah batik interior.

Source http://vaibatik.blogspot.co.id/ http://vaibatik.blogspot.co.id/2008/12/evolution-of-batik.html
Comments
Loading...