Estetika Batik Kudus

0 285

Estetika Batik Kudus

Ada ribuan jenis dan motif batik yang lahir dan berkembang di banyak daerah di Indonesia. Salah satu jenis batik yang mempunyai motif unik dan menarik adalah Batik Kudus. Batik Kudus merupakan salah satu produk yang diciptakan dari salah satu daerah di Pulau Jawa, yang merupakan pusat perkembangan agama Islam serta memiliki pengaruh kuat budaya Cina sebagai sebuah karya multi kultur.

Bagi para pencinta kain, Batik khas Kudus dikenal sebagai batik peranakan yang halus dengan isen-isen (isian dalam ragam pola utama) yang rumit seperti batik Jawa Tengah pada umumnya. Diantara isen-isen yang dikenal dalam Batik Kudus adalah isen gabah sinawur, moto iwak, mrutu sewu dan lain sebagainya. Batik Kudus dikenal dengan warna-warna sogan (kecoklatan) dengan corak tombak, kawung atau parang, tetapi juga dihiasi dengan buketan (rangkaian bunga) dengan imbuhan pinggiran lebar, taburan kembang, kupu-kupu dan burung dengan warna-warna cerah.

Batik Kudus agaknya perlu dilestarikan serta dipasarkan lebih jauh, agar dapat bersaing di pangsa perdagangan internasional. Karena Batik Kudus memiliki keindahan tersendiri serta kelebihan yang tidak sama dengan batik lainnya. Untuk itu, semua kebudayaan negara kita khususnya kesenian batik wajib kita jaga dan kita lestarikan sebagai identitas negara kita. Terlebih sudah adanya hak paten dari UNESCO, akan lebih mantap dalam melestarikan kesenian batik. Adapun caranya yaitu dengan selalu belajar dan mempraktikkan untuk menciptakan sebuah karya seni batik yang mempunyai motif baru dan unik.

Source Estetika Batik Kudus Batik
Comments
Loading...