Eriana Dewi Batik

0 55

Eriana Dewi Batik

Eriana Dewi batik berdiri pada tahun 2012, yang merupakan usaha skala rumah tangga sebagai salah satu gagasan untuk menghasilkan pendapatan. Pada awal berdiri selain memproduksi kain batik warna alam, Eriana Dewi Batik juga memproduksi batik warna sintetis, usaha tersebut dilakukan sebagai tahap penjajagan terhadap pasar. Pada akhir 2013, Eriana Dewi Batik hanya memproduksi kain batik dari warna alam. Kondisi tersebut dilakukan karena dalam kurun waktu satu tahun potensi pasar terhadap kain batik warna alam masih bisa dikembangkan karena belum begitu serius digarap oleh para pengusaha batik sintetis.

Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan, desain motif yang ada di Eriana Dewi Batik 95% adalah desain motif pribadi yang dipadukan dengan warna-warna yang terinspirasi dari alam sehingga merupakan karya-karya limited edition karena prosesnya yang hanya dilakukan satu kali dan tidak dapat diulang lagi untuk memperoleh hasil yang sama, menghasilkan kain-kain batik unik, eksotis dan elegan. Namun dalam perkembangannya produksi kain batik juga menyediakan motif yang sudah ada sebelumnya diantaranya Motif Jagad Ron, Godong Gogrog, Godong telo rambat, Ron 3, Getuk renteng, Ronuler, Pakis Hitam, Motif Magelang, Daun 4, Motif Ranting, Daun Satu, Motif Bambu Klatakan. Untuk memberikan motif yang beda motif-motif khas Eriana Dewi Batik kemudian dimodifikasi dan diinovasi sehingga menghasilkan pengembangan motif-motif baru.

Pada perkembangan fokus untuk bisa menciptakan kain khas Kota Magelang, selain kain batik, Eriana Dewi Batik mencoba untuk berkreasi dengan warna. Eriana Dewi batik hanya memproduksi kain batik dari bahan pewarna alam, jadi warna alam itulah yang dieksploitasi untuk menciptakan kain warna unik, yang kemudian orang mengenal kain tersebut dengan istilah kain KREANOVA WARNA ALAM. Bahan baku yang digunakan oleh Eriana Dewi Batik sebagai bahan pewarna kain adalah : Daun Mangga, Daun dan Bunga Putri Malu, Kayu Tinggi, Kayu Mahoni, Kayu Tegeran, Kayu Nangka, Jalawe, Kulit Rambutan dan Daun Indigovera.

Source http://5c4cf848f6454dc02ec8-c49fe7e7355d384845270f4a7a0a7aa1.r53.cf2.rackcdn.com/d7640d71-489f-4664-ab53-3cf283b0e8fd/eriana%20dewi%20batik%20proposal.pdf
Comments
Loading...