Enam Ciri khas Batik Pekalongan

0 22

Enam Ciri khas Batik Pekalongan

Batik Pekalongan kaya akan corak dan motif. Biasanya memiliki corak batik pesisir yang kaya akan warna. Sebagai ciri khas batik pesisir yaitu memiliki corak yang natural. Adapun ciri khas batik pekalongan adalah :

Pertama, Warna batik pekalongan di dominasi oleh warna – warna batik pesisir. Biasanya penduduk daerah pantai menyukai warna yang cerah. Seperti mera, biru, hijau, violet dan orange.

Kedua, Kain batik yang diproduksi pengusaha Cina biasanya memiliki gambar motif yang riil ( nyata ). Isi pada corak penuh dengan ornamen garis dan titik.

Ketiga, Gambar motif batik pekalongan yang diproduksi oleh keturunan Cina biasanya memiliki corak khas yaitu digambarkan dengan naga atau dengan burung phonix.

Keempat, Tetapi tidak hanya motif fauna saja yang ada pada batik pekalongan. Corak atau motif tumbuhan juga dimiliki batik pekalongan tetapi masaih mengambil unsur – unsur dari batik yogyakarta dan solo.

Kelima, Pada beberapa motif batik Pekalongan yang klasik atau kuno tergolong motif semen. Motif ini hampir sama dengan motif semen dari daerah Jawa. Tetapi ada yang membedakan jika motif semen pekalongan ini hampir tidak ada corak cecek ( titik ) disini banyak menggunakan corak sawut ( garis ).

Keenam, Motif asli pekalongan adalah motif Jlamprang. Motif batik ini memiliki unsur batik yang kaya akan warna. Motif batik jlamprang ini menggunakan 8 unsur warna yang berani dengan kombinasi yang natural dan menarik. Motif batik Jlamprang adalah suatu motif semacam nitik yang tergolong motif batik yang geometris. Motif batik jlamprang dipengaruhi oleh keturunan Arab. Karena pada umumnya keturunan arab tidak menggunakan ornamen benda hidup, sehingga motif batik jlamprang hanya menggunakan gambar berupa cecek ( titik ) dan sawut ( garis ) yang di gambar secara geometris.

Source https://batiksalam.wordpress.com/ https://batiksalam.wordpress.com/tag/ciri-khas-batik-pekalongan/
Comments
Loading...