Emak-emak di Lenteng Agung Ikut Pelatihan Batik Kolalen

0 16

Emak-emak di Lenteng Agung Ikut Pelatihan Batik Kolalen

Untuk mengangkat budaya lokal, salah satunya adalah kebudayaan Batik Betawi, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan mendirikan Kelompok UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) Batik Kolalen.

Diharapkan dengan UP2K yang berlokasi di Jalan Lenteng Agung Gg. Batik No. 39, RT. 006/ RW 01 batik tidak akan tergerus dengan budaya barat.

Lurah Lenteng Agung, Satia, mengatakan didirikannya UP2K Batik Kolalen ini untuk mempertahankan budaya Betawi agar tidak tergerus perkembangan jaman. Menurutnya, sebelum dibentuknya UP2K, pihaknya sudah melakukan pelatihan membatik.

“Minat masyarakat untuk membatik ternyata cukup tinggi yakni sekitar 29 orang dan pelatihan itu sendiri dimulai sejak 1 Juli hingga 7 September 2018,”kata Setia, Selasa (2/10/2018).

Dalam pelatihan itu para peserta diberikan antara lain pengenalan batik, cara membatik tulis dan juga cetak, serta cara pewarnaan. Pelatih dari sanggar batik Setu Babakan. Kelompok UP2K Batik Kolaken memiliki 18 warga yang secara resmi dikukuhkan sebagai anggota UP2K Batik Kolaken.

Satia menuturkan, semenjak didirikannya UP2K Batik Kolaken dan diresmikan UP2K Batik Kolaken dilakukan pada tanggal 13 September 2018 lalu tujuannya untuk mengangkat budaya lokal, salah satunya adalah kebudayaan Batik Betawi.

“Selain itu, kami juga ingin menciptakan usaha baru, meningkatkan pendapatan warga, serta menciptakan tujuan wisata,” terangnya.

Satia menambahkan, sasaran dari penjualan dari UP2K Batik Kolaken ini adalah kepada pengurus RT, RW, LMK, PKK, serta staf kelurahan. Pihaknya juga mempromosikan melalui media sosia

Source http://poskotanews.com http://poskotanews.com/2018/10/03/emak-emak-di-lenteng-agung-ikut-pelatihan-batik-kolalen/
Comments
Loading...