Eksotime Di Balik Tradisi Mistis Madura

0 105

Eksotime Di Balik Tradisi Mistis Madura

Batik tulis asal pamekasan memiliki kelebihan dan memiliki cerita unik tersendiri, Salah satunya corak Tong Cen Tong. Menceritakan tentang seorang pemuda yang meminang anak gadis, dengan modal satu sendok nasi saja dia sudah berani. Tidak berbeda dengan batik kebanyakan, bahan yang digunakan Batik Madura adalah menggunakan kain katun santyu hingga sutra.

Sebenarnya masalah harga bukan terlihat dari bahannya saja, namun batik denan menggunakan motif lama atau batik Gentongan garganya bisa mencapai puluhan juta. Dalam tradisi adat Madura, Batik Genthongan sendiri memiliki nilai lebih dimata masyarakatnya. Disebut Genthongan karna proses pembuatannya melalui proses perendaman warna dalam gentong yang dilakukan selama dua bulan, kemudian kain disikat supaya warna lebih awet.

Dibalik proses pembuatan Batik Madura terselip cerita yang unik. Terkadang ada hal-hal yang berbau mistis yang susah dinalar oleh logika dan masyarakat Madura percaya hal tersebut sebagai bagian dari tradisi membatik. Peristiwa meninggalnya seorang kerabat, saudara atau tetangga mengisyaratkan kepada sang pembatik bahwa ia tak dapat melanjutkan kegiatan membatiknya ataupun menyentuhnya saja tak diperbolehkan.

Hal ini dipercaya bahwa nantinya kain batik akan berwarna suram atau tidak cerah sesuai yang diharapkan. Butuh waktu 40 hari sejak peristiwa kematian, pengrajin baru diperbolehkan untuk kembali membatik. Meski dibalik proses pembuatannya yang berbau mistis, Batik Madura tetap memiliki pesona yang tak kalah memikat di hati masyarakat.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/exsotime-di-balik-tradisi-mistis-madura
Comments
Loading...