Eksklusifnya Batik Lawas

0 146

Eksklusifnya Batik Lawas

Keeksklusifan dari batik lawas sangat berbeda dengan batik modern. Bahan kainnya lebih lembut karena menggunakan bahan import dari Belgia dan sangat sulit menemukan kain tersebut saat ini. Begitu juga dengan teknik pewarnaan dan pengeringannya yang dilakukan secara alami, sehingga menghasilkan karya yang tidak mungkin dibuat ulang. Dari warna dan rapuhnya kain. Kain yang bagus, kusam dan cerahnya warna kelihatan. Warna coklat soga alami dan kimia pada sehelai kain batik akan terlihat berbeda. Bisa saja si penjual batik bilang batik kuno atau lawas, karena itu harus dilihat dulu secara cermat. Sebab ada teknik bagaimana membuat kain batik terlihat seperti lawas.

Kain batik lawas yang dijadikan koleksi biasanya memiliki makna dan filosofi tinggi. Nilai jual kain batik tersebut mencapai puluhan hingga ratusan juta tergantung keunikan kainnya, proses pembatikan, warna, dan umur kainnya. Kalau desainnya langka, dan tak bisa ditiru, itu akan menentukan harganya juga. Rata-rata yang menjadi koleksi adalah kain batik yang dibuat mulai tahun 1920an hingga tahun 1970an, bahkan lebih tua dari itu.

Sekarang ada upaya dari para penggemar batik terutama bagi mereka yang menyukai batik dengan motif lama. Mereka membuat batik baru dengan motif lama, selain untuk pelestarian motif agar tidak hilang, juga untuk memperkenalkan kepada khalayak bahwa motif seperti ini memang ada dari dulu. Namun dilihat dari segi mutu, jelas berbeda dengan batik yang ada pada zaman dulu, sebab proses pembuatannya berbeda. Dan karena hal inilah para kolektor batik kurang menyukai jenis batik replika seperti ini. Tetapi, bagi pecinta batik lainnya sering berpikir bahwa daripada tidak dapat yang asli, maka replika pun boleh-boleh saja.

Source Eksklusifnya Batik Lawas Batik
Comments
Loading...