Edward Hutabarat, Hadirkan Koleksi Busana Batik di Gedung UNESCO

0 72

Edward Hutabarat, Hadirkan Koleksi Busana Batik di Gedung UNESCO

Batik tidak hanya menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Namun batik juga menjadi identitas. Batik sendiri menjadi wastra nusantara yang digunakan oleh para raja hingga rakyat biasa. Inilah yang akan dihadirkan oleh desainer Indonesia ternama yakni Edward Hutabarat dalam koleksi batik di pembukaan rangkaian kegiatan Batik for The World di Gedung UNESCO pada 6 hingga 12 Juni 2018.

Desainer Edward Hutabarat akan membawakan delapan koleksi yang akan ditampilkan di gedung konferensi yang biasa digunakan untuk konferensi para anggota UNESCO dari seluruh dunia. Edward Hutabarat akan menggunakan batik dari daerah pesisiran Cirebon dan Pekalongan dalam koleksi busananya.

Sehingga motif batik yang akan muncul dalam koleksi busana Bang Edo adalah batik Mega Mendung dan Sawung Galing. Bang Edo melakukan sejumlah riset tentang batik Sawung Galing hingga ke rumah Go Tik Swan yang merupakan guru dari Iwan Tirta.

Bang Edo akan menghadirkan delapan koleksi gaun pernikahan batik yang fun, yang dikombinasikan dengan nuansa musim panas Eropa. Bang Edo akan membuat pola pada kain terlebih dahulu, baru kemudian membatiknya. Sehingga tidak ada kain yang terpotong.

Dalam pembuatan motif batik pada kain ini, Bang Edo menggabungkan motif batik Sawung Galing dengan motif garis yanng menjadi identitasnya. Dengan penggabungan ini, Bang Edo menginginkan agar batik bisa bersanding dengan barang branded lainnya dan menjadikan batik sebagai pusat perhatian.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3514361/3-desainer-hadirkan-koleksi-busana-batik-di-gedung-unesco
Comments
Loading...