Dulu Mati Suri Sekarang Batik Kulon Progo Malah Dipakai Tokoh Dunia

0 160

Dulu Mati Suri Sekarang Batik Kulon Progo Malah Dipakai Tokoh Dunia

Salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, kini turut meramaikan industri batik tanah air. Beberapa waktu lalu, Kulon Progo telah menetapkan motif geblek renteng sebagai motif khas mereka. Batik Geblek Renteng sendiri terinsipirasi dari makanan khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung ketela. Motifnya berbentuk pola angka delapan yang saling mengikat. Berdasarkan filosofinya, renteng berarti rentengan atau ikatan satu sama lain.

Uniknya, Motif Batik Renteng ini bukan hasil karya pebatik atau desainer profesional. Menurut pengakuan Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Yohanes Krissusanto, motif tersebut merupakan hasil sayembara yang diikuti oleh seluruh pelajar di Kulon Progo. “Sayembaranya dilakukan pada tahun 2012 lalu dan dimenangkan oleh seorang siswa Ales Candra Wibawa dari SMA Negeri 1, Wates,” tutur Kris. Perkembangan batik geblek renteng ini ternyata juga berhasil membawa dampak positif bagi perekononian masyarakat Kulon Progo.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H Sutedjo. Melalui program Bela Beli Kulonprogo, pemerintah daerah mengajak masyarakat untuk mengenakan kain batik buatan sendiri/lokal. Dulu pengrajin Batik Kulon Progo itu bisa diibaratkan mati suri. Tetapi setelah ada motif geblek renteng ini, omsetnya m eningkat luar biasa. Karena sekarang para pelajar, karyawan kantoran, diwajibkan untuk memakai batik ini setidaknya 1 kali seminggu. Beberapa waktu lalu, 6 menteri Indonesia juga terlihat mengenakan batik ini.

Source https://lifestyle.okezone.com/ https://lifestyle.okezone.com/read/2017/11/03/194/1808005/dulu-mati-suri-sekarang-batik-kulon-progo-malah-dipakai-tokoh-dunia
Comments
Loading...