DPRD Minta Batik Ciamis Dibuatkan Hak Paten

0 25

DPRD Minta Batik Ciamis Dibuatkan Hak Paten

DPRD Kabupaten Ciamis, meminta kepada Pemerintah untuk menghakpatenkan motif batik ciri khas dari Kabupaten Ciamis yang menggambarkan sejarah kerajaan Galuh di Jawa Barat. “Kami mendesak pemerintah daerah, menghakpatenkan motif batik khas Ciamis,” kata Wakil Ketua DPRD Ciamis, Didi Sukardi. Penemuan batik Ciamis tiruan oleh pengurus Rukun Batik itu, menurut Didi jika tidak ditanggapi serius kwahatir ada upaya pihak tertentu yang akan mendahului hak paten batik khas Ciamis.

Terutama tiga Motif Batik Ciamis yang dikenal seperti motif Ciung Wanara, Batu Hiu dan Galuh Pakuan yang diambil dari sejarah Kabupaten Ciamis.  Pihak pemerintah daerah segera melakukan kordinasi dengan para pengusaha batik yang tergabung dalam rukun Batik Ciamis untuk menghakpatenkan. Ia juga menyayangkan bila ada pihak terkait yang mencoba meniru Motif Batik Ciamis untuk mengambil keuntungan oleh pihak yang menirunya.

Sementara itu pengurus Rukun Batik Ciamis, Toha Sopandi mengatakan tiga motif batik khas Ciamis yang ditiru itu belum diketahui asal usul pihak yang mengedarkannya. Batik yang beredar di salah satu toko di Pasar Manis Ciamis itu, kata Toha yakni motif batik Galuh Pakuan, Ciung Wanara dan Batu Hiu dengan pembuatan bukan cara manual melainkan printing atau mesin cetak komputer.

Source http://www.republika.co.id/ http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/09/23/136049-dprd-minta-batik-ciamis-dibuatkan-hak-paten
Comments
Loading...