Disabilitas Tuna Rungu Jago Mencanting Batik

0 88

Disabilitas Tuna Rungu Jago Mencanting Batik

Alviando  ditengah kekurangan sebagai disabilitas penyadang tuna rungu tak lantas membuat ia menyerah. Siswa Sekolah Luar Biasa YPAC Pangkalpinang begitu lihai mencanting batik, tanganya lues menggunakan canting menorehkan sesuai pola yang sudah terbentuk dalam kain putih.

Dalam Pameran Kriya Pemprov Babel 2018 yang dihadiri ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Mufidah Jusuf Kalla ia mendemokan proses mencanting kain batikmotif bunga, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel.

Dengan bakat melukis yang dimilikinya ditambah arahan guru, Alviando menghasilkan motif batik yang begitu indah. “Dia memang kekurangan karena tuna rungu, tapi bakatnya mencanting, membantik, melukis luar biasa. Sudah puluhan lembar mungkin hasil karya kain batik Aldo.

Neneng menceritakan, jika mood remaja yang diasapa Aldo itu sedang baik, ia bisa menyelesaikan satu lembar kain batik perharinya.

“Anak-anak disabilitas sangat sensitif, jadi mereka harus betul-betul dibina. Kita menggunakan bahasa isyarat. Aldo ini sudah ada yang melatihnya selain saya, ada bu Endang yang punya brand batik kampung katak yang menggunakan jasa nya, selain dilatih, aldo juga sudah bisa menghasilkan uang untuk dirinya,” ceritanya.

Tak hanya mencanting batik, aldo juga memiliki keahlian melukis kue. “Basicnya dia melukis, kita kalau di YPAC liat bakat anaknya apa, kita arahkan mereka melakukan yang mereka suka, apalagi positif seperti membatik ini,” ujarnya.

Hasil karya Aldo inipun turut dipuji para pengunjung pameran seperti Istri Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla, ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi dan istri beberapa menteri yang turut hadir dalam kegiatan ini.

Source http://bangka.tribunnews.com http://bangka.tribunnews.com/2018/11/15/alviando-disabilitas-tuna-rungu-jago-mencanting-batik
Comments
Loading...