Mencari Batik Khas Banjar

0 166

Motif batik dari Kota Banjar, dulu rencana digelar perdana pada peringatan hari jadi Kota Banjar ke-8, 21 Februari 2011. Akibat terkendala dana dan beberapa hal yang belum maksimal. Maka kegiatan tersebut baru bisa dilaksanakan. Selasa (10/1/2012) digelar launching perdana batik khas kota Banjar di aula Setda. Batik yang ditetapkan sebagai khas kota Banjar bermotif rambatan daun tarum dan ebeg (kuda lumping). Suatu pertanyaan apakah batik khas kota Banjar ini akan terus lestari atau akan mati suri,ini sebuah tantangan.

Batik Indonesia resmi diakui UNESCO dengan dimasukan kedalam daftar representatif sebagai budaya tak-benda warisan manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) UNESCO mengakui batik Indonesia bersama dengan 111 nominasi mata budaya dari 35 negara, dan yang diakui dan dimasukan dalam daftar respresentatif sebanyak 76 mata budaya. UNESCO mengakui bahwa batik Indonesia mempunyai teknik dan simbol budaya yang menjadi identitas rakyat Indonesia, mulai dari lahir sampai meninggal, bayi digendong dengan kain batik bercorak simbol yang membawa keberuntungan dan yang meninggal ditutup dengan kain batik.

Setelah batik khas kota Banjar di launching, terus kemana konsumen harus mencari batik khas Banjar, di outlet atau di toko dan butik mana batik khas Kota Banjar bisa dibeli? Jadi Dekranasda dan Pemkot Banjar, harus cepat mengajak pihak swasta untuk mengembangkan batik khas Banjar bisa dijual yang dapat menghasilkan profit menguntungkan. Batik khas Banjar, Dekranasda dan Pemkot Banjar harus berani mengajak stakeholder untuk duduk satu meja berdiskusi mencari solusi agar batik khas Banjar bisa dikenal secara nasional, karena Banjar kota baru yang barusia 9 tahun. Cari pemecahannya agar batik khas Banjar dikenal seperti Batik Tasikan, Batik Ciamisan, Batik Cirebonan. Ini semua adalah tanggungjawab semua urang Banjar, tapi harus diawali oleh pihak terkait masalah perbatikan dan Pemkot Banjar.

Source Dimana dan Kemana Mencari Batik Khas Banjar Batik
Comments
Loading...