Dian Kyriss, Si Pengoleksi 2.000 Kain Batik

0 121

Dian Kyriss, Si Pengoleksi 2.000 Kain Batik

Penasaran dengan harga kain batik yang mahal, membuat Dian Kyriss, belajar arti dan makna dari kain batik. Setelah itu, ketika tahu batik ternyata memiliki makna dan filosofi tinggi, Dian pun langsung menjatuhkan pilihan untuk mengoleksinya dengan kekhususan kain batik tua. Ketika ditemui di rumahnya yang asri di kawasan Graha Family, Surabaya, Dian Kyriss sedang asyik menata tumpukan kain-kain batik di sebuah ruangan khusus.

Di ruangan khusus itu, Dian menempatkan sekitar 2.000 potong kain Batik dari berbagai daerah. Ada yang ditumpuk rapi di lima lemari kayu dan kaca berukuran besar dengan model kuno, ada pula yang digulung dalam gulungan khusus untuk batik. Beberapa bahkan ada yang dipajang layaknya jemuran kain. Padahal di ruangan itu, tertutup dan berpendingin ruangan. Bersama dengan koleksi guci-guci kuno dan berbagai jenis souvenir khas dari berbagai daerah yang juga tampak kuno, membuat batik-batik itu seperti berada di musium atau galeri khusus barang kuno.

Karena ternyata batik-batik yang dikoleksi ibu dua anak itu adalah batik-batik kuno. Jenisnya pun bermacam-macam. Mulai dari batik Sidoarjo, Jogja, Solo, Pekalongan, Tasikmalaya, Lasem, Kalimantan, hingga Sumatera, Dian memilikinya. Sedangkan untuk tua-nya, Dian mengaku memilih batik yang dimiliki warga-warga di sekitaran kampung batik di daerah-daerah itu. Yang paling tua, Dian menunjukkan kain batik berwarna hijau yang dijereng di sudut ruangan berukuran 2 meter x 1 meter.

Source http://www.tribunnews.com/ http://www.tribunnews.com/lifestyle/2011/10/19/dian-kyriss-si-pengoleksi-2.000-kain-batik
Comments
Loading...