Desainer Oscar Lawalata Hadirkan Koleksi Busana Batik di Gedung UNESCO

0 41

Desainer Oscar Lawalata Hadirkan Koleksi Busana Batik di Gedung UNESCO

Batik tidak hanya menjadi warisan budaya bangsa Indonesia. Namun batik juga menjadi identitas. Batik sendiri menjadi wastra nusantara yang digunakan oleh para raja hingga rakyat biasa. Inilah yang akan dihadirkan oleh Oscar Lawalata dalam koleksi batik di pembukaan rangkaian kegiatan Batik for The World di Gedung UNESCO pada 6 hingga 12 Juni 2018.

Oscar Lawalata akan membawakan delapan koleksi yang akan ditampilkan di gedung konferensi yang biasa digunakan untuk konferensi para anggota UNESCO dari seluruh dunia. Oscar Lawalata akan membawakan batik dari lima daerah di Jawa Timur dalam koleksi batiknya, yakni Madura, Surabaya, Ponorogo, Trenggalek dan Tuban.

Batik begitu menginspirasi setiap karya Oscar Lawalata. Untuk kegiatan Batik for The World, Oscar akan menggunakan batik dengan teknik pengolahan bordir tangan, pewarnaan alami, dan berbagai olahan detail tangan lainnya.

Secara keseluruhan, Oscar Lawalata akan menghadirkan batik dalam busana ready to wear. Di mana saat ini Eropa tengah memasuki musim panas, sehingga Oscar memilih untuk merancang cocktail dress dengan clean cutting dan minimalis.

Koleksi batik Oscar nantinya akan didominasi oleh embroidery beads sehingga motif batik yang digunakan menjadi lebih menonjol. Bagi Oscar, batik bukan bahan baju, sehingga harus lebih ditonjolkan agar lebih memperlihatkan personal yang menggunakan.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3514361/3-desainer-hadirkan-koleksi-busana-batik-di-gedung-unesco
Comments
Loading...