Desainer Kursien Karzai Sajikan Batik Betawi Rasa Eropa

0 43

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tiada habisnya untuk dieksplorasi. Dari Sabang hingga Merauke, dari makanan hingga kain tradisional, ada jutaan inspirasi yang masih bisa digali. Tak sedikit kekayaan bangsa yang masih terpendam bahkan sudah terlupakan. Salah satunya adalah kain batik asal Betawi. Selama ini, kebudayaan Betawi yang mudah diingat adalah ondel-ondel, kebaya, dan makanannya. Tak banyak yang ingat bahwa betawi punya corak motif yang tak kalah legendaris.

Dahulu, pengrajin batik betawi berkembang pesant di berbagai daerah di Jakarta. Motifnya bisanya bergambar ondel-ondel, tanjidor, gambong, kromong, kembang goyang, dan budaya betawi lainnya. Namun sayangnya, motif ini kian tergerus oleh kehadiran batik lain di Jakarta dari pra pendatang hingga sulit bertahan.

Di perhelatan Jakarta Fashion Food Festival ke-15 di Ballroom Hotel Haris Kelapa Gading Jakarta, desainer Kursien Karzai mencoba mengenalkan kembali motif betawi ini. Agar lebih menarik, ia kawinkan motif tersebut dengan siluet busana Eropa seperti coat dan jacket. Batik Betawi ini sudah termarjinalkan, padahal dulu sangat hits di zaman Belanda. Ia sudah tergerus peradaban.

Kursien Karzai mengawinkan siluet klasik dan modern pada koleksinya ini. Ia memberikan sedikit twist pada potongan dress, dan menyisipkan payet perak sebagai wujud atmosfer futuristik. Ia pun tak segan memadukan warna-warna pop seperti merah dan turqoise dengan warna dingin seperti nevy dan abu-abu. Pemilihan topi klasik sejenis topi fedora yang memperkuat nuansa Eropa.

Source https://wolipop.detik.com/read/2018/04/20/191018/3982406/233/desainer-kursien-karzai-sajikan-batik-betawi-rasa-eropa wolipop.detik.com
Comments
Loading...