Desainer Batik : Ibu Sri Wiyati, Pembatik dari 1960

0 10

Ibu Sri Wiyati. Entah itu sudah nama Sri yang ke berapa di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, Planet Bumi. Tetapi kami lebih mengenalnya dengan Sebendo. Tadi siang kami mengganggu waktu beliau membatik, untuk mendapatkan sebuah cerita tentang batik yang beliau buat dan beliau miliki. Ibu Sri Wiyati ini juga membatik, seperti warisan sang Ibu yang merupakan teman seangkatan Mbah Suro yang bernama Mbah Warno.

Selain itu anak perempuannya juga terkadang membuat motif batik di rumah. Dan kami mendapatkan hal yang unik, warisan berupa motif batik yang digambarkan dalam sebuah kertas minyak. Di dalam lembaran motif itu kami melihat tahun pembuatan yaitu 1982. Cukup tua untuk ukuran sebuah motif batik. menariknya lagi, Ibu Sri masih menyimpan pola dan motif itu sampai sekarang. Keren. 

Meskipun begitu, nampaknya kekurangan modal dan sulitnya memasarkan batik membuat beliau hanya menjadi buruh membatik saja. Ditambah lagi waktu untuk kegiatan yang lain membuat beliau terkadang terpaksa meninggalkan batiknya. Namun. Pengabdian beliau terhadap dunia batik tidak main-main. Beliau mengikuti berbagai seminar dan program pelatihan tentang batik yang diadakan beberapa kali di Desa Girilayu. Selain itu dari pelatihan tersebut beliau juga mendapatkan sertifikat atas pelatihan membatik yang diikuti. Akan tetapi. Sertifikat itu juga masih bukan.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/04/22/explore-desa-batik-girilayu-melestarikan-warisan-membatik-dari-tahun-1960
Comments
Loading...