Desainer Batik : Ibu Pani (Dusun Wetankali, Girilayu)

0 15

Ibu Pani, Dusun Wetankali, salah satu bagian dari Desa Girilayu, Desa Batik Girilayu, atau Kampung Batik Girilayu. Beliaulah yang setiap pagi duduk manis bercengkrama dengan batiknya, entah hari apa itu, yang pasti setiap pagi, kami pasti menemukan beliau di depan batiknya. Dan kami berkesempatan menemui beliau di salah satu pagi yang entah sudah ke berapa. Pada awalnya beliau tidak mau diabadikan momen ketika membatik. Takut terkenal katanya. Beliau sedang mengerjakan batik pesanan yang memiliki motif kontemporer, kelihatannya.

Sayangnya kami lupa bertanya sejak kapan beliau membatik. Atau berapa batik yang telah dibuat oleh beliau. Menurut beliau, membatik bukan semata-mata mengisi waktu yang luang. Setelah selesai dengan kegiatan rumah tangga, pasti tumper, asap, dan batik di depannya menjadi pembuka pagi sampai sorenya. Sebuah kisah klasik yang beliau nikmati dan cerita selanjutnya bagi generasi beliau. Dengan atap rumah yang berwarna hitam karena asap dari tumper selalu mengarah ke atas, atau terkadang mengejar kami.

Dari beliau kami bisa membaca bahwa keinginan untuk tetap melestarikan batik di Desa Girilayu begitu besar. Tanpa tahu nominal rupiah yang akan dihasilkan. Ketika motifnya hanya simple dan mudah, maka harga juga cenderung murah, meskipun hanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari. Dan ketika mengerjakan motif yang sulit, meskipun dihargai cukup mahal.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/04/22/explore-desa-batik-girilayu-antara-tumper-dan-sebuah-kisah-batik-di-pagi-hari
Comments
Loading...