Desainer Batik Asal Sukoharjo

0 208

Desainer Batik Asal Sukoharjo

Desainer batik yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo yang bernama Owens merilis batik terbaru dengan tema Jiwaning Jiwo di tengah gelaran Jogja Fashion Week (JFW) 2017. Tak seperti batik-batik tradisional pada umumnya yang dipenuhi warna-warna kalem atau gelap, Jiwaning Jiwo didesain dengan warna merah nan berani.

Penggunaan  warna tetap memakai indogosol Jerman yang ramah lingkungan. Warna flamingo red ini merupakan pergolakan jiwa. Warna yang sedikit ke merah ini, membuat batik ini bisa dipakai siapa saja, unisex. Baik itu laki-laki atau perempuan.Walau terlihat sederhana, Joe menyebutkan jika proses pembuatan batik yang satu ini cukup lama. Ia mulai mengembangkan ide Jiwoning Jiwo sejak November 2016 dan baru selesai pada bulan Juli 2017 lalu.

Ide dasar dari Jiwaning Jiwo menurut Joe adalah dari sebuah relief kalpataru yang berada di Candi Prambanan. Desainer sendiri harus melakukan proses riset yang mendalam terhadap relief ini sebelum mendesain batik itu.

Sesuai hasil risetnya, Kalpataru merupakan sebuah simbol perdamaian, dalam jiwa yang hakiki terdapat jiwa yang abadi. Selain pohon kalpataru, batik itu juga dibubuhi motif ukel yang bersambungan. Ada juga motif bunga padma di dalamnya. Joe mengaplikasikan motif-motif itu di kain katun dan kain troso.

Makna dari batik yang dibuat ini adalah Jiwaning Jiwo yang artinya kembalilah ke dalam jiwa masing-masing yang jujur tanpa tekanan. ‘Kalau tidak suka bilang tidak suka, kalau saja dulu Roro Jonggrang sejak awal menyatakan tidak suka kepada Bandung Bondowoso tentu akhirnya tidak seperti ini. Dia tidak akan dikutuk menjadi patung untuk melengkapi permintaannya kepada Bandung Bondowoso, yaitu seribu candi

Source Desainer Batik Asal Sukoharjo Batik
Comments
Loading...