Desain Batik Unik Juarai Lomba Inovasi Mahasiswa

0 194

Desain Batik Unik Juarai Lomba Inovasi Mahasiswa

Batik merupakan salah satu warisan budaya Nusantara yang asli dari Indonesia dan dikenal luas di mancanegara. Tidak heran bila batik menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia. Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan berbagai motif baru pada batik. Bahkan, berbagai motif buatan Miftahudin Nur Ihsan dan kawan-kawan ini begitu unik hingga meraih juara pertama dalam Lomba Inovasi dan Teknologi Mahasiswa (LITM) Bidang Industri Kreatif dan Kerajinan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY.

Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kelompok studi Ilmiah MIPA Scientist FMIPA UNY itu berhasil menarik hari juri dengan motif desain batik yang lain dari pada umumnya. Motif-motif yang dipakai bahkan memiliki tema khusus.

Keunikan dari batik yang ditawarkan adalah batik-batik yang dihasilkan memiliki motif-motif bertema khusus, seperti motif pendidikan, kesehatan, transportasi, ekonomi, dan MIPA (matematika, kimia, biologi, dan fisika. Nama Smart Batik Indonesia mereka sematkan pada inovasi karya tersebut. Miftahudin menyebut, mereka sengaja mengangkat batik untuk terus melestarikan eksitensi warisan budaya Nusantara. “Sebagai warga Kota Yogyakarta, saya merasa tergerak untuk melestarikan batik dan saya berharap usaha ini mendapatkan dukungan dari pemerintah” ujarnya.

Usaha Batik dengan motif berbagai tema ini sendiri sudah berjalan selama delapan bulan. Bahkan Smart Batik Indonesia sudah menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Disperindag di Kota Yogyakarta.

Source Desain Batik Unik Juarai Lomba Inovasi Mahasiswa Batik
Comments
Loading...