Desain Batik Tidak Harus Dipadukan Dengan Kebaya

0 9
Kain batik di Indonesia masih menjadi andalan untuk digunakan sebagai busana dalam acara-acara formal. Memang tak bisa dipungkiri, kain batik kerap identik dengan kesan tua mengingat kebanyakan pemakai batik umumnya adalah mereka yang sudah berumur. Namun, dengan kreativitas tinggi dan kecermatan memilih motif dan warna, kain batik bisa menjadi pilihan untuk setiap kalangan masyarakat.
Saat ini kain batik banyak diproduksi dengan motif dan warna yang jauh dari kesan tua. Sekarang tinggal tergantung kepada cara kita dalam memilih dan mendesain kain batik tersebut, serta bagaimana cara kita mengkombinasikan kain batik itu dengan desain yang lebih terkesan muda.
Bahkan sebetulnya kain batik tidak harus selalu dipadupadankan dengan kebaya, karena hanya menggunakan kain serta selendangnya saja sebenarnya ktia sudah bisa menjadikan batik itu sebuah busana. Apabila dengan seksama kita perhatikan, sebenarnya caranya pun cukup mudah: cukup dengan bantuan jarum pentul dan jahitan yang sifatnya tidak permanen, kain-kain batik itu sudah dapat disulap menjadi busana yang modis.Seperti yang kita lihat sekarang ini batik dapat di kenakan dengan berbagi
gaya dan model. Kain batik dapat disulap menjadi busana yang simpel namun modis seperti layaknya kimono, kemben, dan atasan halter neck. Sementara itu, bawahannya cukup diikat dengan teknik ikatan osing.

Desain nya Jangan Terlalu Rumit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin membuat desain busana dengan kain batik. Karena batik sudah penuh dengan motif, ada baiknya jika desain yang dibuat tak terlalu rumit. Desain yang rumit akan membuat kesan pemakainya terlihat lebih ’berat’.

Untuk pria, kemeja sederhana masih menjadi pilihan. Desain kemeja untuk pria, tidak perlu terlalu njlimet atau rumit, yang penting dari kemeja pria adalah pemilihan motif kain batik yang digunakan. Penekanan motif di bagian dada bisa membuat kesan bidang. Tak ada salahnya pula jika kita memilih pilihan warna yang lebih soft atau lembut. Pewarna Alam dapat juga menjadi pilihan yang cocok bagi kemeja pria.

Dalam penggunaan bahan batik, kita dapat mengambil beberapa pilihan. Bisa menggunakan batik dari sutra, katun, ataupun serat nanas. Jenis bahan yang digunakan bergantung kepada desain dan selera dari penggunanya. Batik dari bahan katun bisa digunakan untuk busana sehari-hari. Namun, untuk busana pesta atau acara yang lebih formal, bisa dipilih bahan dari sutra.

Source http://www.medogh.com http://www.medogh.com/blog/artikel-batik/batik-tidak-harus-dipadukan-dengan-kebaya/
Comments
Loading...