Desa Wisata Batik Kliwonan

0 226

Desa Wisata Batik Kliwonan

Ada tiga macam jenis baju batik yang kita ketahui adalah batik tulis, batik cap dan batik printing. Di Desa Wisata Batik Kliwonan yang sudah turun temurn membuat berbagai batik ternyata ada beberapa cara baru membuat batik selain tiga cara tersebut di atas yang telah dikenal secara umum. Teknik tersebut adalah teknik colet an teknik print cabut yang dapat pula dikombinasikan dengn teknik tulis manual. Teknik cabut sendiri dalah proses pemisahan warna dari kain batik.

Dari segi motif, Desa Wisata Batik Kliwonan sudang mengembangkan motif yang mengkombinasikan batik klasik dan tema flora fauna atau kontemporer. Rumah Batik Dewi Brotojoyo yang terletak di setelah Balai Desa Pilang, Masaran Sragen. Ditempat ini pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan batik yang dicolet. Selain tersedia beragam kain batik dan baju batik seperti dress batik yang sudah siap pakai. Motif yang banyak ditawarkan terutama Motif Batik Kontemporer dengan warna yang cerah. Untuk mengunjunginya dapat langsung menuju kesana.

Ada sanggar kerajinan batik yang dimiliki oleh Ibu Wartitik. Sanggar ini mengerjakan baju dress batik tulis dan cap manual maupun kombinasi antara cap dan tulis. Salah satu tempat yang mendapat rekomendasi untuk berbelanja karena kualitas batik yang baik dan harga yang jauh lebih murah dari harga normal di pasaran. Batik tulis di wilayah ini harganya relatif murah. Selain itu dapat memilik dress batik cap dengan beragam kreasi motif dari tradisional hingga kontemporer. Seperti pengrajin batik  lain Kliwonan, Sragen yaitu Batik Dewi Ratih juga menerima pesanan kain batik dengan motif maupun warna tertentu.

Source Desa Wisata Batik Kliwonan Batik
Comments
Loading...