Desa Wijirejo Sentra Kerajinan Batik Bantul

0 255

Desa Wijirejo Sentra Kerajinan Batik Bantul

Banyak corak dan motif kain batik, tiap motifpun memiliki makna yang berbeda-beda. Tak kalah dengan daerah lain, Bantul juga punya sentra batik di Imogiri dan Wijirejo Pandak. Ada banyak toko yang menjual dan memproduksi batik sendiri. Harga batik tulispun disini tidak terlalu mahal, sekitar 150 ribu.

Terdapat puluhan rumah produksi batik di Desa Wijirejo. Salah satu yang terkenal adalah Batik Dirjo Sugito, yang dikenal luas dengan nama Batik Dirjo. Selain itu terdapat pula beragam brand lainnya seperti Batik Tugiran, Batik Bu Menik, Batik Nining, Batik Topo dan puluhan merek lainnya.

Puluhan pengrajin batik di Desa Wijirejo sendiri tersebar di beberapa pedukuhan yaitu  Pijenan Kauman, Pedak, Ngeblak , serta Bergan. Salah satu toko yang jadi langganan saya  yaitu Batik Ida Lestari, banyak pilihan kain dan baju batik yang sudah jadi. Kebanyakan pembatik sudah berusia lanjut, mereka merupakan generasi lama.

Sekarang ini Desa Wijirejo menjadi salah satu sentra batik dan banyak wisatawan yang mencari batik berkualitas disini. Bahkan beberapa hasil karya pengrajin batik di Desa Wijirejo ada yang diekspor ke luar negeri. Batik Wijirejo ada yang prosesnya ditulis atau disebut batik tulis dan batik cap yang lebih mudah pembuatannya. Sekarang juga ada batik kombinasi yang dilukis diatas bahan mori biasa, doby, shantung dan sutera. Selain menawarkan beragam jenis kain batik, Desa Wijirejo juga menyediakan beragam produk kerajinan batik seperti kemeja, atasan wanita dan gamis.

Source Desa Wijirejo, Sentra Kerajinan Batik Bantul Batik
Comments
Loading...