Desa Betoyo Sentra Batik Gresik

0 453

Desa Betoyo Sentra Batik Gresik

Sebanyak 25 warga masyarakat di Desa Betoyo Guci, Kecamatan Manyar mengikuti program pelatihan membatik yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga kerja. Program pelatihan ini dilakukan selama 30 hari dan mendapatkan respon positif dari masyarakat Desa Betoyo. Dalam waktu 30 hari masyarakat desa sudah menciptakan berbagai Motif Batik, yang tentunya Motif Batik mewakili daerahnya seperti Motif Batik Guci menumpahkan air, Motif Pudak, Motif Ikan Bandeng dan Udang, Bunga dan Jumputan kapur Gresik, serta beberapa motif aneka kartun yang dikenalnya.

Hasil gambar untuk Desa Betoyo Sentra Batik Gresik

Oleh instruktur batik Ibu Arti menjelaskan pelatihan ini sebagai upaya menggali potensi yang ada di Desa agar mempunyai keahlian membatik. Pelatihan ini diberikan berupa teknik membatik celup dan batik tulis dengan warna sintetis dan warna alam. Terkait dengan bahan pewarnaan yang sesuai dengan kemampuan ekonominya, karena batik yang paling mahal adalah dalam proses pewarnaan. Pelatihan kali ini menggunakan pewarna yang murah agar nanti dalam membuat batik di Desa betoyo diharapkan menggunakan pewarna yang murah sesuai dengan kemampuan pembeli, sehingga soal harga bisa terjangkau oleh warga.

Arti memberikan kebebasan untuk berekspresi sehingga nantinya dapat menghasilkan batik dengan beraneka ragam. Sementara itu Kepala Dina Tenaga Kerja Edi Purwanto melalui kabag Humas Pemkab Gresik Andy hendro Wijaya mengatakan pelatihan bertujuan untuk dapat menggali potensi bagi ibu-ibu yang mempunyai kemampuan membatik, dengan adanya program pelatihan ini diharapkan agar anntinya di Kota Gresik ada Desa Sentra Batik. Untuk sementara ini baru pelatihan dasar nantinya akan ada pelatihan lanjutan. Sangat diharapkan Desa Betoyo Guci sebagai Desa Sentra Batik, karena desa ini nantinya akan dijadikan sentra batik jadi maka setiap peserta pelatihan batik di berikan bantuap berupa kompor gas, dandang, timbangan bahan membatik serta peralatan membatik.

Source Desa Betoyo Sentra Batik Gresik Sentra
Comments
Loading...