Desa Batik Salem

0 52

Desa Batik Salem

Brebes adalah sebuah kota yang terletak di wilayah pantura yang merupakan daerah yang menjadi penghubung antara Jawa Tengah dengan daerah Jawa Barat. Kabupaten Brebes ini terletak di wilayah Jawa Tengah dan sangat terkenal dengan telor asin dan juga hasil buminya yang berupa bawang merah. Selain beberapa hal tersebut di atas kabupaten Brebes ini juga memiliki kesenian batik yang dibuat oleh masyarakat kota ini.

Produksi baju batik di kota ini cukup baik dan telah menembus pasar lokal dan juga pasar nasional. Dengan begitu batik Brebes telah menambah ragam motif baju batik tanah air dan juga sebuah produk batik yang telah cukup terkenal dan tidak kalah dengan motif baju batik dari daerah lain. Batik yang berasal dari kota ini dikenal dengan nama Batik Brebesan atau ada juga yang menyebut batik Salem. Seni membuat batik di wilayah ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan dilakukan oleh para nenek moyang. Industri baju batik di kota ini terletak di dua daerah yaitu desa Bentar dan juga di daerah desa Bentarsari.

Saat ini industri baju batik di wilayah ini sudah berkembang dengan baik dan telah memiliki cukup banyak pengusaha batik yang telah mencapai jumlah sekitar 200 pengusaha baju batik dan masih sangat mungkin untuk terus bertambah. Hal ini juga sangat didukung oleh semakin tingginya popularitas batik baik di daerah lokal, nasional maupun di mancanegara. Batik di daerah ini telah ada sejak abad ke sembilan belas dan menurut sejarah seni membuat batik ini berasal dari kedatangan seorang putri yang berasal dari kota Pekalongan dan kemudian mencintai serang pemuda dari daerah ini.

Batik kemudian mulai dikenal dan juga dibuat oleh masyarakat daerah ini sejak kedatangan putri dari kota Pekalongan tersebut. Seni ini kemudian menyebar ke daerah di luar desa Salrm. Batik salem ini memilik ciri khas yang sedikit banyak mendapatkan pengaruh dari batik yang berasal dari Pekalongan. Hal ini dapat terlihat dari pola ragam hias batik nya yang mendapatkan pengaruh dari kota Pekalongan. Selain itu batik Solo dan Jogja juga memiliki pengaruh dari bentuk pola, warna yang dipilih dan juga motif batik itu sendiri. Batik dari Brebes ini memang mendapatkan banyak pengaruh budaya dari kota lain karena letaknya yang cukup berdekatan dengan kota kota tersebut.

Source https://bibolku.wordpress.com/ https://bibolku.wordpress.com/2015/09/23/desa-batik-salem/
Comments
Loading...