Desa Babagan Lasem Sentra Batik Unggulan Kab Rembang

0 219

Desa Babagan Lasem, Sentra Batik Unggulan Kab Rembang

Lasem merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Pantura Kabupaten Rembang merupakan sentra batik tulis yang berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Melihat sejarah Batik Lasem dikatakan bahwa keberadaan Batik Lasem tidak bisa dipisahkan dari kedatangan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1413 M. Dimana saat itu, anak buah Laksamana Cheng Ho beserta istrinya memilih menetap di Bonang yang terletak di Kecamatan Lasem.

Hasil gambar untuk BATIK LASEM

Desa Babagan

Keberadaan Batik Lasem sekarang sudah menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat di Desa Babagan. Desa Babagan sejak tahun 2015 sudah menjadi desa wisata batik melalui dukungan CSR Bank BNI. Tidak sulit mencari lokasi Desa Babagan, karena saat memasuki wilayah Lasem, sebuah gapura berdiri kokoh dengan bertuliskan “Selamat Datang Di Desa Wisata Babagan”. Tak jauh dari gerbang desa wisata, terdapat galery pemasaran produk batik lasem.

Ciri khas Batik Lasem adalah proses pembuatannya yaitu batik tulis. Berbeda dengan daerah lain, di lasem, pembeli tidak akan menemukan batik cap apalagi printing. Untuk melihat proses pembuatan batik, para pengunjung dapat masuk ke wilayah desa mengikuti jalan utama serta memilih pembatik yang namanya tertera pada penunjuk jalan yang berada di sepanjang jalan. Hari itu perjalanan saya tiba sampai kelompok Sumber Rejeki, satu dari 16 kelompok pengrajin batik lasem di Desa Babagan.

Belajar Membatik 

Aktivitas membatik sudah di mulai di halaman rumah Ibu Sri Winarti. Terlihat beberapa pengrajin batik sudah mulai melakukan kegiatan membatiknya. Mulai dari : membuat pola, memberi lilin, menutup bagian yang tidak akan diberi warna dengan lilin, pencelupan warna, pencucian, perebusan. Seluruh tahapan dikerjakan oleh sebagian anggota kelompok sumber rejeki yang saat ini berjumlah 60 orang. Adapun sebagian anggota lainnya melakukan aktivitas membatik di rumah masing-masing.

Ditempat tinggalnya Ibu Sri Winarti, bercerita bawa semula usaha batik di Desa Babagan dimiliki oleh warga Tionghoa. Nenek, ibu, hingga mbak Sri merupakan karyawan perusahaan batik, hingga masuknya program Kampung BNI, yaitu CSR dari Bank BNI. Tidak hanya membeli batik, para pengunjung pun dapat belajar membatik di para pengrajin.

Source Desa Babagan Lasem Sentra Batik Unggulan Kab Rembang Sentra Batik
Comments
Loading...