Demak dan Batik

0 37

Demak dan Batik

Setelah beberapa lama, industri batik di Demak ini mulai bangkit kembali setelah cukup lama terhenti produksi nya. Batik kota Demak ini merupakan batik yang memiliki cerita sejarah yang sangat panjang dan dimulai dari masa kerajaan Demak berkuasa di daerah ini. Namun karena berbagai hal seni batik di wilayah ini mulai dilupakan orang dan tidak lagi muncul di pasaran.

Seni batik khas kota Demak ini sebenarnya pada masa lalu sangat terkenal dan sejajar dengan kota batik lainnya. Bahkan pada masa lalu model baju batik merupakan sebuah kesenian yang sangat identik dengan kota Demak. Berkurangnya tenaga ahli dalam membuat batik dan juga menurunnya minat generasi muda untuk membuat batik khas Demak ini membuat seni ini secara perlahan menghilang dari industri kota Demak.

Namun beberapa tahun terakhir ini dengan meningkatnya minat masyarakat dengan seni batik, beberapa seni batik di daerah Demak ini kembali muncul dan membuat motif batik kembali dengan ciri khas dari kota Demak ini. Saat ini batik Demak mengalami perkembangan industri yang cukup baik dan mengalami peningkatan yang cukup pesat. Para seniman batik dan juga para pengusaha batik di daerah ini kembali bermunculan dan membuat motif batik yang memperlihatkan ciri dan juga potensi khas dari alam dan budaya masyarakat kota Demak.

Beberapa motif batik khas yang dibuat di daerah ini memiliki jenis motif khas pesisir dan juga ada yang memperlihatkan bentuk buah seperti jambu dan juga belimbing. Motif batik lain yang juga dikembangkan oleh para seniman batik di daerah Demak adalah motif yang pola nya berasal dari bentuk ornamen yang ada di Masjid Agung Demak.

Perkembangan seni batik di Demak yang cukup pesat beberapa tahun terakhir ini mungkin secara tidak langsung berasal dari adanya claster batik Demak. Hingga saat ini telah tercatat sekitar dua puluh lima pengusaha batik yang telah masuk sebagai anggota claster. Beberapa dari pengusaha batik tersebut beberapa tahun terakhir ini mulai mengembangkan motif batik dengan potensi yang berasal dari Kadilangu. Beberapa motif batik dengan jenis tersebut diantaranya adalah Loro Gendhing, motif batik cening dan juga motif batik caos daharan.

Source https://batikfashionista.wordpress.com/ https://batikfashionista.wordpress.com/2016/04/10/demak-dan-batik/
Comments
Loading...