Dekranasda Mendorong Industri Batik Juga Paham Fashion

0 31

Dekranasda Mendorong Industri Batik Juga Paham Fashion

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah terus berupaya memfasilitasi peningkatan kualitas pembatik yang tersebar di sejumlah daerah dengan berbagai program kegiatan. “Misalnya dalam hal mendesain batik yang bisa untuk fashion, membatik beda dengan melukis, kemudian inovasi mereka bagaimana,” kata Ketua Dekranasda Jawa Tengah Siti Atikoh. Ia meminta pembatik tidak sekadar membuat aneka motif batik pada kain, namun diharapkan lebih memahami teknik desain pakaian.

Jangan sampai motif pada kain batik terlihat menarik, tapi kain tersebut justru tidak bisa dibuat menjadi pakaian karena motifnya sulit disesuaikan dengan model pakaian. Atikoh mengungkapkan, dirinya membeli kain batik dengan motif dengan perpaduan warnanya sangat menarik, tapi ternyata tidak bisa dijahit menjadi sebuah pakaian. Penjahit menyampaikan jika motif kain itu tidak bisa dipotong sesuai dengan model pakaian sehingga sekarang kainnya nganggur, tidak terpakai.

Terkait hal itu, pihaknya menilai perlu ada penguasaan teknik desain bagi para pembatik agar kain yang telah didesain menarik tidak sia-sia. Selain itu, kaderisasi juga menjadi fokus Dekranasda karena profesi di bidang kerajinan tidak hanya membutuhkan keterampilan, tapi juga jiwa seni, talenta, dan minat.

Source http://semarang.bisnis.com/ http://semarang.bisnis.com/read/20170304/14/92493/dekranasda-mendorong-industri-batik-juga-paham-fesyen
Comments
Loading...