Dekranasda Dorong Perajin Batik Tingkatkan Kualitas Produk

0 178

Dekranasda Dorong Perajin Batik Tingkatkan Kualitas Produk

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan mendorong perajin batik setempat terus dapat meningkatkan kualitas produk agar tidak kalah bersaing dengan kerajinan serupa dari pabrikan. “Kendala perajin batik sekarang adalah kalah bersaing dengan batik `printing`, makanya kami selalu berikan motivasi bagaimana mereka bisa meningkatkan kualitas batik Bantul,” kata Ketua Dekranasda Bantul Ernawati Suharsono.

Dengan terus meningkatkan kualitas produk kerajinan batik, para perajin Batik Bantul yang jumlahnya ratusan setidaknya bisa bersaing dengan batik cap yang kini semakin `membanjiri` pasar di kabupaten ini. Selain itu, para perajin Batik Bantul yang tersebar di beberapa sentra batik misalnya di wilayah Wijirejo Pandak dan Wukirsari Imogiri tidak kalah bersaing dengan produk serupa dari daerah lain.

Istri Bupati Bantul juga menegaskan jika ada batik cap di Bantul itu bukan merupakan produk perajin setempat karena hampir semua perajin batik itu memproduksi dengan tangan secara tradisional, kalaupun ada cap sebagai kombinasi. Dan untuk mendorong pasar batik Dekranasna juga melakukan berbagai promosi, di antaranya melalui pameran tingkat nasional maupun internasional yang difasilitasi pemerintah. Namun demikian, para perajin Batik Bantul juga ada yang sudah mengikuti pameran secara mandiri melalui jaringan yang dimiliki serta difasilitasi dinas terkait baik tingkat kabupaten maupun nasional.

Source https://jogja.antaranews.com/ https://jogja.antaranews.com/berita/345316/dekranasda-dorong-perajin-batik-tingkatkan-kualitas-produk
Comments
Loading...