Dekranasda Cimahi Bangga Batiknya Dipamerkan di Finlandia

0 39

Dekranasda Cimahi Bangga Batiknya Dipamerkan di Finlandia

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Cimahi, Jawa Barat, mengaku sangat bangga dengan adanya tawaran dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata yang akan menampilkan batik Cimahi di Finlandia. Atas tawaran tersebut, Dekranasda Cimahi mengaku siap memenuhi permintaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) karena dengan cara seperti itu batik Cimahi akan dikenal oleh dunia internasional, kata Ketua Dekranasda Cimahi Atty Suharty Tochija kepada wartawan di Cimahi, Jumat. “Tak hanya itu batik Cimahi pun telah sampai lingkungan istana Presiden. Buktinya, beberapa waktu lalu Ibu negara Ani Bambang Yudhoyono telah mengatakan pada saya bahwa dia mengoleksi batik asli Cimahi. Dengan kondisi seperti ini, semua warga Cimahi harus bangga dengan apa yang telah kita miliki,” ujarnya.

Salah satu alasan batik Cimahi yang disukai banyak orang karena memiliki tiga motif utama yakni bambu, singkong dan kujang. Motif itu merupakan hasil dari sarasehan berbagai lapisan masyarakat seperti sarjana desain, guru SMA, mahasiswa dan dosen. Bahkan belakangan ini telah muncul Motif Batik Cimahi lainnya yakni curug Cimahi dan Pusdik. Mengenai Pusdik (Pusat Pendidikan) militer karena di Cimahi setidaknya terdapat 13 Pusdik TNI Angkatan Darat. Karena banyaknya, Pusdik di Cimahi telah membuat Cimahi dikenal juga sebagai Kota Militer. Cimahi ingin mengangkat Batik Cimahi untuk menambah keragaman batik di Indonesia ini. Kita bertekad membuat batik sendiri, dengan mengangkat produk-produk asli Cimahi. Akhirnya bersama-sama dengan warga menciptakan batik hasil kreasi orang Cimahi. Untuk hal ini kita ditunjang oleh pengrajin yang punya semangat tinggi.

Agar batik juga dikenal oleh kalangan masyarakat Cimahi sendiri, setidaknya dua kali dalam seminggu karyawan di lingkungan Pemkot Cimahi diwajibkan menggunakannya. Dengan begitu, hal ini memudahkan Dekranasda untuk mempromosikan batik ke tingkat Jawa Barat dan nasional. Batik Cimahi akan go international karena akan ditampilkan di Finlandia. Tapi, kita juga suka memperkenalkan dengan mengundang berbagai negara lain, seperti negara Jepang dan Afrika.

Source http://www.kemenpar.go.id/asp/index.asp http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=881
Comments
Loading...