Deka Novendra Kembangkan Batik Khas Wonogiri 

0 176

Deka Novendra Kembangkan Batik Khas Wonogiri

Batik selalu identik dengan Kota Solo, Kota Jogja, Kota Pekalongan, Lasem dan Cirebon. Batik Wonogiri tampaknya belum banyak yang mengenalnya. Padahal Batik Wonogiri (Wonogiren) mempunyai karakter yang unik, berbeda dengan wilayah lain. Berawal dari ketidak tahuan soal Batik Wonogiri, Deka Novendra yang asli Wonogiri berusaha mengembangkan batik khas Wonogiri. Deka yang menamai brand batiknya dengan “Novendra Batik” ini sengaja mencipta motif-motif batik eksklusif.

Satu motif hanya untuk satu lembar kain batik. Sehingga jika kita memakai batik dari Novendra Batik, tak akan ada yang menyamainya. Selain kualitas kainnya kelebihan batik yang ia produksi adalah motifnya yang kekinian dan pengerjaan membatiknya yang halus, rapi, tidak berantakan. Demi menjaga kualitas, Deka yang hobi main tenis lapangan ini sengaja memroduksi batik tidak secara massal. Rata-rata ia mampu memroduksi sebanyak 150 kain per lembar. Pangsa pasarnya tidak hanya di Jawa, namun telah merambah ke Palu, NTT dan Sumatra. Ia memproduksi batik-batiknya di Wonogiri dengan memberdayakan warga di sekitarnya.

Selain ia membuka galerinya di Baturetno, Wonogiri, ia memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya. Semua motif batik ia sendiri yang menciptakan, dan dibantu 7-8 orang pembatik. Musim hujan seperti sekarang ini, produksinya dihentikan karena matahari yang tak pernah muncul. Karena kualitas dan keunikan motifnya, batiknya pernah dipakai dalam ajang male peagent.

Source https://preneur.trubus.id/ https://preneur.trubus.id/post/deka-novendra-kembangkan-batik-khas-wonogiri-secara-eksklusif-6987
Comments
Loading...