Daya Pikat Batik Cirebon yang Tersohor

0 34

Daya Pikat Batik Cirebon yang Tersohor

Dibandingkan kota lain penghasil batik di Jawa Barat, Cirebon merupakan sentra pengrajin batik yang paling banyak produksinya. Berdasarkan hasil survei Yayasan Batik Jawa Barat, tercatat ada sekitar 300 pengusaha dengan lebih dari 6.000 pengrajin batik di bumi Pasundan ini.

Batik Cirebon tentu tak bisa terlepas dari motif Megamendung yang paling tersohor. Motif batik bercirikan awan bergumpal ini diketahui sebagai mahakarya yang tidak ditemukan di daerah lain. Bahkan, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata rencananya akan mendaftarkan motif Megamendung ke UNESCO untuk memeroleh pengakuan sebagai salah satu warisan dunia.

Asal Mula Batik Keraton dan Batik Pesisir

Meskipun demikian, selain motif Megamendung masih banyak lagi motif batik yang khas dari kota udang ini. Secara umum, ada dua ragam hias batik Cirebon, yakni batik pesisir yang dipengaruhi China, dan keraton yang banyak dipengaruhi Hindu dan Islam.

Berdasarkan sejarah yang dilansir dari wikipedia, seni membatik awalnya hanya dipelajari para putri keraton untuk mengisi waktu senggang mereka. Beberapa ornamen batik yang berkembang saat itu antara lain Paksi Naga Liman, Siti Inggil, Kanoman, Taman Kasepuhan, dan Taman Sunyaragi.

Motif yang dihasilkan tersebut disebut batik bergaya keratonan. Masyarakat Cirebon juga mempelajari seni batik sebagai barang dagangan. Ornamen yang dihasilkan disebut pesisiran dan batik yang dihasilkan disebut batik pesisiran.

Ciri Khas Batik Keraton

Tiap ragam hias batik (pesisir dan keraton) tentu saja memiliki ciri khas tersendiri. Dari segi motif misalnya, ornamen batik keraton memiliki pola yang baku, kaya akan nila simbolis dan bermakna religius.  Ornamen batik keraton yang dihasilkan pun berupa batu–batuan (wadhasan), mega mendung, kereta singa barong, naga seba, taman arum dan ayam alas.

Begitu pula dari segi penggunaan, batik ketaron lazim dipergunakan untuk acara-acara adat atau seremonial seperti pesta pernikahan. Pengantin adat Cirebon Pangeranan menggunakan batik bermotif singa barong berwarna hijau. Motif ini dulunya merupakan simbol status sosial, yaitu menunjukkan bahwa mempelai berasal dari kalangan bangsawan.

Sementara pengantin adat Cirebon Kebesaran menggunakan motif singa barong, patran, wadhasan, kangkungan, mega mendung, dengan warna dasar coklat, hijau muda, kekuning-kuningan, dan corak motif batik warna hijau dan wadhasan warna biru dan hijau.

Ciri Khas Batik Pesisir

Berbeda dengan motif batik pesisiran yang terkesan lebih dinamis dan mengikuti permintaan pasar. Gambar motifnya juga dianggap lebih bebas dan melambangkan kehidupan masyarakat pesisir yang egaliter, seperti gambar aktivitas masyarakat di pedesaan atau gambar flora dan fauna yang memikat.

Dari segi corak, motif batik pesisir  ditandai dengan warna-warninya yang cerah, seperti merah, merah muda, biru langit, dan hijau pupus. Jadi tak heran bila batik pesisir lebih sering menjadi pilihan untuk dipakai saat mengahdiri acara semi formal.

Teknik Pembuatan yang Berbeda dengan Batik Jawa

Salah satu proses penting dalam teknik pembuatan batik Cirebon diantaranya ialah membuat garis tipis atau garis kontur pola pada kain yang akan dibatik. Meskipun garis tersebut sangat tipis, namun warna garis tetap terlihat lebih tua dibandingkan warna kain yang akan dibatik. Dalam istilah batik Cirebon, garis tipis ini dikenal dengan nama garis wit dan proses pembuatan garis wit pada kain disebut Anglengreng (“menggambar pola”).

Yang menarik, gaya teknik pembuatan batik Cirebon ini ternyata berbeda dengan teknik pembuatan batik Jawa. Pada proses penggambaran pola batik Jawa, pembuat pola harus menggambar garis pola sebanyak dua buah (kembar). Sedangkan pada batik Cirebon, penggambar pola hanya menggambar satu goresan garis wit. Hal ini yang menyebabkan seorang pembuat tembok (nembok atau menutup bagian dasar kain yang tidak perlu diwarnai) harus memiliki keahlian khusus agar terbentuk pola batik sesuai dengan yang diinginkan.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-budaya/menelusuri-pesona-batik-cirebon-yang-tersohor-4352
Comments
Loading...