Dari Bisnis Batik Bakaran, Yuliati Kembangkan Wisata Industri Batik

0 90

Dari Bisnis Batik Bakaran, Yuliati Kembangkan Wisata Industri Batik

Bisnis memang butuh sentuhan inovasi dan kreativitas. Selain itu, bisnis juga butuh sisi lain yang tak hanya berkutat pada “uang”, tetapi juga pengabdian.

Hal itu yang dilakukan Yuliati, pemilik usaha Yuliati Warno Batik. Dari usaha jualan batik Bakaran melalui online, pameran dan galeri, Yuliati kini mengembangkan wisata industri batik di Desa Langenharjo RT 7 RW 3, Kecamatan Juwana.

Wisata industri diakui sebagai upaya bagi Yuliati untuk mengabdi kepada masyarakat. Dalam wisata industri batik, siapapun diperbolehkan untuk berkunjung dan belajar tanpa dipungut biaya, mulai dari kunjungan pribadi, sekolah, kampus atau instansi lainnya.

“Kalau mau wisata industri batik dengan melihat-lihat, proses membuat batik Bakaran itu bagaimana, dan nanya-nanya, tidak dipungut biaya. Kalau praktik membuat batik langsung, dikenakan biaya,” ujar Yuliati kepada MuriaNewsCom.

Namun, Yuli tidak mematok biaya yang mahal. Praktik membuat batik tulis dengan ukuran sapu tangan sampai pewarnaan hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu. Bila dilengkapi dengan figura sebagai pajangan dikenakan Rp 15 ribu.

Sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat Yuli adalah anak-anak sekolah, mahasiswa yang sedang melakukan riset, kunjungan dari organisasi kemahasiswaan, dan lain sebagainya. Bahkan, rombongan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pernah mengadakan wisata industri batik di rumah Yuli.

“Rata-rata pengunjung praktik membuat batik sapu tangan. Sebab, prosesnya cepat dan bisa langsung jadi. Beda kalau kain panjang yang akan dijadikan baju, prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Misi kami hanya ingin mengajarkan generasi penerus bangsa untuk mencintai dan melestarikan batik sebagai warisan budaya leluhur Indonesia untuk dunia,” pungkasnya.

Source https://www.murianews.com https://www.murianews.com/2016/08/02/90022/dari-bisnis-batik-bakaran-yuliati-kembangkan-wisata-industri-batik.html
Comments
Loading...