Danar Hadi Rangkum 301 Batik Kuno dalam Buku

0 227

Danar Hadi Rangkum 301 Batik Kuno dalam Buku

Sudah banyak sekali buku yang mengulas tentang batik. Bukan dari negara Indonesia yang sudah terkenal dengan batiknya, bahkan negara lain seperti China dan Jepang juga menerbitkan buku tentang Batik. Menurut Rafli L. Sato dari BAB Publishing, sedikitnya ada 24 judul buku yang diterbitkan negara luar. Namun dari sekian banyak buku tentang Batik, belum semua Batik diperkenalkan ke masyarakat. Hal ini memunculkan ide bagi H. Santosa Doellah, kolektor Batik terbesar di dunia sekaligus pendiri Batik Danar Hadi untuk menulis buku berjudul ‘The Glory of Batik: The Danar Hadi Collection’.

Buku yang diluncurkan pada Kamis tanggal 28 April 2011 di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta ini mengulas 301 dari 10.000 kain Batik yang dikoleksi Santosa. Batik tersebut dipilih untuk dimasukkan dalam buku karena memiliki gaya tertentu yang sangat khas. “Ada 10.000 Batik yang ada di Museum Batik Danar Hadi. Kami memilih 301 Batik kuno yang semuanya belum pernah di-publish di buku manapun,” jelas Rafli. Selain koleksi batik, buku dengan setebal 336 halaman ini juga menyertakan pembahasan tentang batik secara detail oleh para pakar yang sudah berpengalaman puluhan tahun di industri tekstil Batik.

Buku ini dibuat dengan mengangkat berbagai Batik seperti Batik Pesisir, Cirebon, Banyumas, Madura dan sebagainya, yang belum pernah diterbitkan di buku-buku sebelumnya. Marketing Communication Group Head Danar Hadi Hoshi Mitchel Hutabarat menambahkan, buku ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang Batik kuno. Selain dipasarkan di Rumah Batik Danar Hadi dan beberapa toko buku di Indonesia, buku ini juga akan dijual ke luar negeri dengan harga Rp 375.000 atau 39.95 US Dollar. ‘The Glory of Batik’ merupakan buku kedua yang diluncurkan H. Santosa. Sebelumnya, kolektor Batik yang mendirikan Batik Danar Hadi pada 1967 ini menulis buku bertajuk ‘Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan’.

Source https://m.detik.com/wolipop/ https://m.detik.com/wolipop/read/2011/04/29/110243/1628405/233/danar-hadi-rangkum-301-batik-kuno-dalam-buku
Comments
Loading...