Daftar Nama Batik Di Indonesia

0 189

Daftar Nama Batik Di Indonesia

Batik merupakan kain bergambar yang dibuat dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut. Batik sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Sekarang ini batik benar-benar sudah memasyarakat, buktinya batik kini digunakan oleh banyak orang baik itu dari kalangan orang dewasa maupun anak muda, baik itu pejabat maupun orang biasa kini terbiasa mengenakan baju batik. Selain itu saat ini mengenakan baju batik juga tak lagi untuk acara formal saja, karena kini baju batik juga menjadi trend untuk dikenakan saat acara santai.

Karena Unesco telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, pemerintah kemudian menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Pada tanggal tersebut semua kalangan baik itu instansi pemerintah, sekolah, swasta, dan juga perguruan tinggi diharuskan mengenakan baju batik. Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam nama motif batik, namun tahukah Anda berbagai nama motif batik yang kemungkinan sudah Anda pakai?. Nah berikut ini beberapa Nama Batik Di Indonesia:

1. Batik Motif Ceplok.
2. Batik Motif Kawung.
3. Batik Motif Parang Rusak
4. Batik Motif Parang Barong
5. Batik Motif Loreng
6. Batik Motif Nitik
7. Batik Motif Semen
8. Batik Motif Kraton
9. Batik Motif Sudagaran
10. Batik Motif Cuwiri
11. Batik Motif Tambal
12. Motif Sekar Jagad
13. Batik Motif Sido Mukti
14. Batik Motif Sido Luhur
15. Batik Motif Sido Asih

Dengan semakin berkembangnya kain batik di Indonesia, tentu saja masih banyak lagi nama dan jenis motif batik yang lainnya. Saat ini banyak sekali yang masih menggalakkan batik ini sebagai sebuah produk unggulan untuk setiap daerah yang ada di Indonesia. Hal ini tentu saja akan semakin memperbanyak motif-motif batik yang ada di Indonesia.

Source https://www.batiknulaba.com/ https://www.batiknulaba.com/blog/tips-n-trik/daftar-nama-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...