Daerah Batik Panembahan Bodho

0 147

Daerah Batik Panembahan Bodho

Lokasi batik yang paling sering didatangi oleh para pelancong  adalah desa Wijirejo, Pandak, Bantul. Di desa ini para pengrajin batik ini dapat kita temukan membuat batik dengan Motif Bantulan. Di wilayah Wijirejo, Pandak, Bantul konon telah dimakamkan Panembahan Bodho. Nama asli dari Panmbahan Bodho adalah Raden Trenggono. Beliau merupakan keturunan langsung dari kerajaan Majapahit yang pernah hidup sekitar abad ke empat belas. Raden Terenggono atau juga dikenal sebagai adipati Terung ke III adalah juga seorang murid langsung dari Sunan Kalijaga. Beliau disebut sebagai Panembahan Bodho karena beliau lebih memilih untuk lebih memperdalam ajaran agama Islam dan menolak untuk menjabat sebagai adipati. Masyarakat pada jaman dahulu kemudian sering menyebut belaiau dengan sebutan bodho atau bodoh.

Raden Trenggono merupakan salah satu tokoh yang disegani pada zamannya dan sesepuh dari pendahulu para keturunan raja Penembahan Senopati Sultan Mataram. Raden Trenggono kemudian diberikan tanah Perdikan yang merupakan tanah bekas kekuasaan Mangir yang terletak di bagian wilayah timur dari  Sungai Progo utara yang terbentang sampai daerah Gunung Merapi. Lokasi desa wisata Wijirejo yang ada di bantul ini memang terletak di daerah pelosok dalam wilayah Bantul. Desa ini terletak cukup jauh dari hinga bingar kebisingan kota. Di desa Wijirejo ini akan kita temui beragam baju batik dengan motif khas daerah Bantul yang mempuyai warna-warna yang cukup cerah dan dengan motif yang indah-indah.

Motif batik yang ditampilkan di desa ini antara lain ada Motif Batik Gringsing, Motif Batik Galaran dan Motif Batik Kontemporer. Seluruh bagian dari desa batik ini hampir seluruhnya memajang berbagai karya karya batik mereka baik di rumah maupun di toko baik mereka yang tinggal di pinggir jalan raya maupun para pengrajin baju batik yang tinggal di bagian pelosok. Di Desa Wijirejo juga dapat melihat bagaimana proses dari pembuatan sebuah baju batik dari tahap awal sampai tahap akhir. Batik yang ditawarkan di desa ini kebanyakan memproduksi batik dengan jenis tulis dan juga dengan jenis cap. Kualitas batik yang  ada di daerah bantul ini memang jauh lebih baik dibanding batik daerah lainnya.

Source Daerah Batik Panembahan Bodho Batik
Comments
Loading...