Corak Motif Batik Kontemporer

0 88

Corak Motif Batik Kontemporer

Masyarakat saat ini sudah mulai suka untuk memakai batik karena mereka sadar bahwa batik merupakan warisan bangsa yang wajib dilestarikan, apalagi setelah sempat ada masalah batik yang asli Indonesia diakui oleh negara lain, kini masyarakat tidak ragu lagi untuk mengenakan batik. Corak, warna, dan model batik modern, membuat masyarakat suka memakai batik bukan hanya untuk acara formal tapi juga untuk sehari-hari. Pada kenyataannya batik juga cantik jika dikenakan pada acara santai. Diantara banyaknya jenis batik, sekarang banyak dijumpai batik kontemporer.

Motif batik kontemporer merupakan motif batik yang modern yang tidak terpaku dari motif batik biasanya. Motif batik kontemporer menawarkan lebih banyak corak dan warna. Untuk pemasarannya, kini pemerintah telah banyak mendukung dan memberi banyak kesempatan kepada para pengrajin batik Indonesia untuk memperkenalkan karyanya melalui pameran-pameran kerajinan batik tingkat nasional maupun internasional. Langkah ini terbukti efektif untuk mendongkrak popularitas batik, termasuk batik kontemporer.

Dengan cara ini batik kontemporer memiliki kesempatan lebih besar dilihat dan dikenal oleh masyarakat. Namun kegiatan ini tidak berjalan mulus, banyak rintangan yang dihadapi dalam proses pemasaran batik kontemporer. Beberapa masalah diantaranya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang batik, harga batik kontemporer yang dianggap mahal oleh sebagian masyarakat dan persaingan batik kontemporer dengan batik hasil printing mesin atau sablon yang semakin banyak dijumpai dipasaran.

Source http://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/oedajanasoetjitra/batik-kontemporer_55003153a33311e572510097
Comments
Loading...