Corak Batik Khas Madiun

0 40

Corak Batik Khas Madiun

Batik Madiun juga punya banyak corak khasnya tersendiri. Berbagai macam corak itu menjadi simbol jika sejarah membatik di daerah ini juga terbilang kaya dan penuh dengan filosofi. Orang Madiun mungkin kenal dengan motif Keris. Senjata kebanggan orang Jawa itu dituangkan menjadi motif batik khas daerah ini. Motif keris terinsipirasi dari sejarah panjang Madiun.

Selain batik Keris ada juga batik Porang. Berbeda dengan keris yang terlihat bercorak maskulin. Batik porang ini mencitrakan sebuah tumbuhan bernama Porang yang tumbuh subur dipinggiran hutan Desa Kenongrejo. Batik ini lebih bercorak ceria namun tetap elegan saat dipakai.

Tidak sampai disitu. Ada juga bercorak batik lain yang tak kalah sedap dipandang. Batik itu adalah batik Retno Kumolo. Batik ini terinspirasi dari seorang perempuan pada zaman Kerajaan Mataram yang bernama Retno Dumilah. Perempuan tersebut adalah seorang Ksatria yang selalu berjuang demi memertahankan wilayah Kadipaten Madiun. Batik ini biasanya bernuansa biru. Biru sendiri dipercaya melambangkan kesejukan dan ketentraman bumi Madiun.

Sebagai daerah lumbung padi. Pengrajin batik di Madiun menciptakan corak batik bertajuk Beras KutahBeras Kutah diambil dari istilah Bahasa Jawa yang dalam Bahasa Indonesia berarti beras tumpah. Cukup menarik menamainya dengan nama beras tumpah, meski begitu secara tidak langsung pembatik di Madiun ingin mengumumkan jika kekayaan pangan di kota gadis ini tak perlu lagi diragukan.

Source http://www.madiunae.id/ http://www.madiunae.id/kayanya-corak-batik-khas-madiun/
Comments
Loading...